Keseimbangan Relaksasi Kegiatan dan Terkendalinya Covid-19 Harus Terus Dijaga

- Senin, 18 Oktober 2021 | 18:03 WIB
Wakil Ketua MPR RI, Lestari Moerdijat  (suaramerdeka.com/dok)
Wakil Ketua MPR RI, Lestari Moerdijat (suaramerdeka.com/dok)

 

JAKARTA, suaramerdeka.com - Keseimbangan antara relaksasi kegiatan di sejumlah sektor dan terkendalinya penyebaran virus Corona di tanah air harus terus dijaga lewat kesiapan antisipasi sistem kesehatan, penerapan norma baru dalam keseharian dan peningkatan imunitas masyarakat terhadap Covid-19.

"Di masa pandemi ini ketika ada potensi pergerakan orang yang masif, seperti di masa liburan, selalu saja menjadi ujian semua pihak agar pergerakan orang tersebut bisa terkendali dan tidak menyebarkan virus," kata Wakil Ketua MPR RI, Lestari Moerdijat dalam keterangan tertulisnya, Senin, 18 Oktober 2021.

Kementerian Kesehatan mencatat peningkatan jumlah kasus positif Covid-19 selalu saja terjadi usai liburan panjang, seperti pada liburan Natal dan Tahun Baru, libur Lebaran dan sejumlah hari libur di akhir pekan.

Baca Juga: Terlibat Sukarelawan Covid-19, 13 Mahasiswa UKSW Terima Penghargaan

Berdasarkan catatan itu, menurut Lestari, menjelang akhir tahun para pemangku kepentingan dan semua pihak harus mempersiapkan diri dalam menghadapi potensi pergerakan orang di masa liburan.

Lestari menilai, sejumlah strategi yang diterapkan pemerintah seperti merevisi sejumlah hari libur, untuk menghindari terjadinya pergerakan orang yang masif, cukup tepat.

Lestari berharap, para pamangku kepentingan di daerah juga meningkatkan kemampuan dalam menerapkan mekanisme pengendalian pergerakan orang secara masif, agar dapat mengantisipasi potensi penyebaran Covid-19 di wilayahnya.

Baca Juga: Jadi Penentu Kemenangan, Jojo Sempat Diragukan, Netizen: Kritikan Membawa Berkah

Bagi daerah yang belum mampu melakukan mekanisme pengendalian pergerakan orang secara masif, Lestari mengungkapkan tidak perlu memaksakan untuk membuka lebih banyak kegiatan publik, hingga dipastikan jumlah warga yang terlindungi dengan vaksin Covid-19 sudah lebih dari 70% populasi dan tingkat kepatuhan masyarakat disiplin menjalankan protokol kesehatan di daerah tersebut cukup baik.

Halaman:

Editor: Edyna Ratna Nurmaya

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Gunung Semeru Meletus, Ini Sejarah Letusannya

Minggu, 5 Desember 2021 | 07:45 WIB
X