Saatnya, Kawasan Selatan Jabar Jadi Sasaran Menawan

- Senin, 18 Oktober 2021 | 15:32 WIB
Ilustrasi segitiga Rebana Jawa Barat. (dok. kotasubang.com)
Ilustrasi segitiga Rebana Jawa Barat. (dok. kotasubang.com)

BANDUNG, suaramerdeka.com - Setelah segitiga Metropolitan Cirebon Raya-Pelabuhan Patimban Subang-Bandara Kertajati, Majalengka (Rebana), Jabar menawarkan kawasan selatan wilayahnya bagi investor.

Diharapkan, langkah tersebut bisa mengejar ketertinggalan antara utara dan selatan dalam pembangunan. Pemerintah pusat pun sudah menyatakan dukungannya bagi upaya pemerataan tersebut.

"Tahun lalu Rebana, kali ini selatan diharapkan bisa mengikutinya, supaya utara dan selatan ada keselarasan karena selatan tertinggal," kata Kadin Penanaman Modal & Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Jabar, Noneng Komara Nengsih secara daring menyinggung pelaksanaan West Java Investment Summit (WJIS) 2021, Senin, 18 Oktober 2021.

Baca Juga: Wisata di Kota Aarhus, Tempat Final Piala Thomas 2020 Digelar

Dukungan pusat sendiri direpresentasikan melalui Perpres Percepatan Pembangunan Kawasan Rebana dan Kawasan Jawa Barat Bagian Selatan yang sudah dikeluarkan. Rencananya, peraturan tersebut bakal segera diserahkan ke provinsi.

Sebagai respon, kerjasama di antara 6 kabupaten dan kota di kawasan kidul provinsi tersebut pun akan diteken dalam waktu dekat.

Sektor pariwisata, kelautan, pertanian menjadi prioritas pengembangan.

Pusat juga berupaya menggenjot akses infrastruktur melalui Tol Cisumdawu dan pembangunan Tol Gedebage-Tasikmalaya-Cilacap.

Baca Juga: Fajar Alfian Selebrasi, Balaskan Dendam Provokasi Mathias Boe di Indonesia Open 2017

Lebih dari itu, kegiatan WJIS diharapkan bisa memberikan pengaruh bagi pencapaian target investasi tahun ini sebesar Rp 127 triliun.

Halaman:

Editor: Rosikhan Anwar

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Rabu Pagi, Lumajang Diguncang Gempa 3,3 SR

Rabu, 8 Desember 2021 | 13:03 WIB

PMI DIY Salurkan Bantuan bagi Korban Erupsi Semeru

Selasa, 7 Desember 2021 | 23:28 WIB

Kemenag Raih Anugerah Meritokrasi KASN 2021

Selasa, 7 Desember 2021 | 21:40 WIB
X