Menristek Apresiasi Anak Indonesia yang Tidak Kehilangan Motivasi Menggali Ilmu

- Selasa, 13 Oktober 2020 | 10:55 WIB
Menristek Apresiasi Anak Indonesia yang Tidak Kehilangan Motivasi Menggali Ilmu. (suaramerdeka.com/Prajtna Lydiasari)
Menristek Apresiasi Anak Indonesia yang Tidak Kehilangan Motivasi Menggali Ilmu. (suaramerdeka.com/Prajtna Lydiasari)

JAKARTA, suaramerdeka.com - Menteri Riset dan Teknologi/ Kepala Badan Riset Inovasi Nasional (Menristek/BRIN), Bambang PS Brodjonegoro mengapresiasi atas semangat anak-anak Indonesia yang tidak kehilangan motivasi dan tetap bergairah dalam belajar meski ditengah pandemi Covid-19 yang melanda dunia secara masif dan luas semenjak akhir 2019.

"Saya merasa bangga dan besar hati karena anak-anak baik tingkat SD maupun SMP meski dalam kondisi yang serba terbatas tetap bersemangat menggali ilmu," ujar Bambang dalam penyerahan penghargaan secara simbolik kepada perwakilan pemenang Science Studio 2020 secara virtual, Jakarta, Senin (12/10).

Bambang mengatakan, Kementerian Riset dann Teknologi/ Badan Riset Inovasi Nasional (Kemenristek/BRIN) akan terus memberikan perhatian besar kepada Pusat Peragaan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (PP IPTEK) yang terus tumbuh dan berkembang melalui kiprah dan keberadaannya semakin dirasakan masyarakat di seluruh wilayah Indonesia.

"Mengingat peran PP IPTEK yang signifikan dalam ranah pembudayaan iptek masyarakat, terutama usia dini dan pelajar," tuturnya.

Direktur Direktur PP IPTEK, M. Syachrial Annas mengatakan, Science Studio merupakan kegiatan kreativitas iptek anak-anak Indonesia yang diselenggarakan oleh PP-IPTEK sebagai wahana pembudayaan iptek masyarakat dalam upaya memelihara semangat dan meningkatkan gairah generasi muda Indonesia dalam berkreasi dan berinovasi  sejak dini.

"Science Studio 2020 yang diselenggarakan oleh PP IPTEK mengajak generasi muda khususnya pelajar untuk berperan aktif dalam mengkampanyekan isu-isu global melalui kreativitas dan inovasi menuju sumber daya manusia unggul dan mendukung kemajuan iptek di Indonesia," kata M. Syachrial Annas.

Science Studio digelar oleh PP IPTEK bekolaborasi bersama 8 Science Center Daerah (SCD) di 9 provinsi, yaitu DKI Jakarta, Jawa Tengah, Jawa Timur, Riau, Sumatera Barat, Kalimantan Barat, Sulawesi Selatan, dan Nusa Tenggara Timur (NTT). Science Studio dilaksanakan secara daring sejak Mei-Agustus 2020, dengan keseluruhan jumlah peserta sebanyak 1.054 orang.

Science Studio mengusung dua kegiatan, yakni Lomba Doodle Art Science Contest bagi siswa SD kelas 4-6 dengan tema “Me vs Covid-19” dan Lomba Photography Contest bagi siswa SMP kelas 1-3 dengan tema “ Science Behind Food and Beverages”.

Selain Doodle Art Science Contest 2020 dan Photography Contest 2020, PP IPTEK rencananya akan mengadakan kegiatan lainnya antara lain Lomba Poster Sains Nasional bidang Antarikasa sebagai seleksi menuju Asia Pasific Regional Space Agency Forum (APRSAF) Poster Contest 2020 yang akan diselenggarakan dalam jaringan pada 16 Oktober 2020 mendatang.

Halaman:

Editor: Nugroho

Tags

Terkini

Baru Sebulan Diresmikan, Jembatan di Karawang Ambles

Sabtu, 29 Januari 2022 | 12:41 WIB

Gita Amperiawan Jadi Dirut DI yang Gres

Jumat, 28 Januari 2022 | 00:13 WIB
X