Hati-hati! Obat Covid-19, Remdesivir Tidak Dijual Bebas

- Minggu, 11 Oktober 2020 | 16:26 WIB
Foto: Istimewa
Foto: Istimewa

JAKARTA, suaramerdeka.com – Juru bicara Satgas Covid-19 Prof Wiku Adisasmito menegaskan peredaran dan penggunaan obat-obatan pasien Covid-19 sudah diatur dengan peraturan, termasuk Harga Eceran Tertinggi (HET).

Namun khusus untuk obat Remdesivir tidak dijual bebas, hanya diperuntukkan bagi pasien yang menjalani perawatan di fasilitas pelayanan kesehatan. 

"Selama dalam perawatan di fasilitas kesehatan, perlu ditekankan kembali, bahwa seluruh biaya, baik pengobatan maupun perawatan Covid-19, ditanggung oleh pemerintah sehingga masyarakat tidak perlu ragu menjalani perawatan," kata Wiku di Jakarta.

Baca Juga:  Duh, Total Kasus Covid-19 di India Tembus 7 Juta

Sebelumnya  BPOM telah menerbitkan izin penggunaan dua obat Covid-19 namun dua jenis obat tu hanya untuk kondisi darurat (Emergency Use Authorization/EUA), yakni obat Favipiravir dan Remdesivir. Obat itu secara klinis menunjukkan kemanfaatannya dalam menyembuhkan pasien Covid-19.

Badan POM mengingatkan persetujuan penggunaan obat Covid-19 hanya untuk kondisi darurat kesehatan masyarakat. Oleh karenanya penggunaan obat Covid-19  tidak boleh dilakukan sembarangan dan harus dalam pengawasan dokter.

Untuk obat Favipiravir  telah diberikan EUA sejak 19 September kepada Industri Farmasi PT Amarox Pharma Global, PT Indofarma, dan PT Dexa Medica.  Sedangkan untuk  Remdesivir diberikan EUA sejak 19 September kepada Industri Farmasi PT Amarox Pharma Global, PT Indofarma, dan PT Dexa Medica.

Baca Juga:  Kabidhumas Polda Jateng: Jangan Sampai Terjadi Claster Baru Covid-19 dalam Demo Tolak RUU Cipta Kerja di Jateng

Penerbitan EUA diharapkan dapat memberikan percepatan akses obat-obat yang dibutuhkan dalam penanganan Covid-19 oleh para dokter sehingga mempunyai pilihan pengobatan yang sudah terbukti khasiat dan keamanannya dari uji klinik.  

Halaman:

Editor: Rosikhan

Tags

Terkini

Gunung Semeru Meletus, Ini Sejarah Letusannya

Minggu, 5 Desember 2021 | 07:45 WIB
X