Cegah Lonjakan Covid-19, Vaksinasi Lansia di Wilayah Aglomerasi Dipercepat

- Sabtu, 16 Oktober 2021 | 10:00 WIB
Vaksinasi Lansia (Foto :suaramerdeka.com /dokumentasi Kemenkes RI)
Vaksinasi Lansia (Foto :suaramerdeka.com /dokumentasi Kemenkes RI)

JAKARTA, suaramerdeka.com - Sebagai upaya pencegahan lonjakan kasus Covid-19, vaksinasi bagi masyarakat lansia terus dipercepat pemerintah, utamanya di wilayah aglomerasi dan pusat-pusat pertumbuhan ekonomi.

"Tidak boleh mengendur. Justru saat kasus positif Covid-19 tengah rendah, vaksinasi harus ditingkatkan terutama bagi lansia dan kelompok rentan," ujar Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate, dalam keterangan persnya.

Saat ini, pemerintah fokus mempertahankan kasus aktif Covid-19 serendah mungkin dalam waktu yang lama dengan penurunan kasus yang konsisten.

Pemerintah juga terus mengevaluasi penerapan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) berlevel di berbagai daerah di Indonesia.

Baca Juga: Penanganan Kasus Covid-19 Usai PON XX Papua, Mekanisme Komprehensif Diterapkan Pemerintah

Berdasarkan evaluasi PPKM yang dilakukan secara periodik, lanjut Menkominfo, peningkatan kasus Covid-19 berpotensi terjadi setelah acara keagamaan atau liburan.

"Hal ini karena mobilitas masyarakat meningkat tajam dan pergerakan massa yang signifikan tidak terelakkan," ujarnya.

Menkominfo Johnny memaparkan, pemerintah juga telah menyiapkan strategi antisipasi Covid-19 menjelang libur Natal dan Tahun Baru, salah satunya dengan memastikan pelonggaran aktivitas diikuti pengendalian lapangan yang ketat.

Hal ini akan diikuti dengan percepatan vaksinasi lansia, terutama di wilayah aglomerasi dan pusat-pusat pertumbuhan ekonomi.

Baca Juga: Umrah Segera Dibuka, Ini Besaran Biaya yang Ditetapkan Kementerian Agama

Halaman:

Editor: Andika Primasiwi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Rabu Pagi, Lumajang Diguncang Gempa 3,3 SR

Rabu, 8 Desember 2021 | 13:03 WIB
X