Umrah Segera Dibuka, Simak Syaratnya Saat Pandemi

- Sabtu, 16 Oktober 2021 | 07:15 WIB
Ilustrasi ibadah umrah (instagram.com/@spanews)
Ilustrasi ibadah umrah (instagram.com/@spanews)

JAKARTA, suaramerdeka.com - Kementerian Agama (Kemenag) RI telah mengumumkan tentang penyelenggaran ibadah umrah 1443 Hijriyah segera dibuka dalam waktu dekat.

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi mengatakan izin umrah tersebut dari nota diplomatik yang dikeluarkan oleh Pemerintah Kerajaan Arab Saudi.

Keluarnya nota diplomatik terkait umrah, kata Retno, setelah melalui pembahasan yang cukup lama di level menteri.

Selain itu, juga melihat perkembangan penanganan Covid-19 di Indonesia yang semakin baik jadi pertimbangan.

Baca Juga: Kegiatan Susur Sungai Cileuer Makan Korban: 2 Siswa MTs Berasal dari Jawa Tengah

"Pemerintah Kerajaan Arab Saudi melalui nota diplomatik Kedutaan Besar Arab Saudi di Jakarta pada tanggal 8 Oktober 2021 telah menyampaikan hal-hal sebagai berikut. Kedutaan menerima informasi dari pihak yang berkompeten di Kerajaan Saudi Arabia perihal pengaturan dimulainya kembali pelaksanaan umrah bagi jamaah umrah di Indonesia," kata Retno dalam konferensi pers virtual, belum lama ini.

Dalam surat edaran bernomor B-11.029 tertanggal 11 Oktober 2021, Kemenag menyerukan kepada seluruh pimpinan perjalanan ibadah umrah se-Indonesia untuk bersiap menyelenggarakan umroh seiring izin dari Pemerintah Arab Saudi membuka pintu bagi jemaah umrah asal Indonesia.

"Menteri Luar Negeri Republik Indonesia telah menerima informasi berupa nota diplomatik dari Otoritas Pemerintah Kerajaan Arab Saudi bahwa dalam waktu dekat jemaah dari Indonesia akan diberikan izin untuk berangkat menunaikan ibadah umrah di Arab Saudi," demikian bunyi surat edaran tersebut.

Baca Juga: Prakiraan Cuaca Semarang Hari Ini: Berawan dan Berpotensi Diguyur Hujan Berintensitas Ringan

Lalu bagaimana syarat umrah saat pandemi?

Halaman:

Editor: Andika Primasiwi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Rabu Pagi, Lumajang Diguncang Gempa 3,3 SR

Rabu, 8 Desember 2021 | 13:03 WIB
X