Kebijakan Perjalanan Internasional Diperbarui, Wiku: Sudah Melalui Pertimbangan Matang

- Jumat, 15 Oktober 2021 | 09:00 WIB
Juru Bicara Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito (Biro Pers Sekretariat Presiden/Lukas)
Juru Bicara Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito (Biro Pers Sekretariat Presiden/Lukas)

JAKARTA, suaramerdeka.com - Kebijakan terkait pelaku perjalanan internasional yang akan masuk ke Indonesia diperbarui Pemerintah.

Pembaruan kebijakan ini melalui Surat Edaran Satgas No. 20 Tahun 2021 dan SK Kasatgas No. 14 tahun 2021 tentang perjalanan internasional pada masa pandemi Covid-19.

Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Prof Wiku Adisasmito menyebut ada beberapa perubahan dalam perjalaan internasional.

Seperti mempersingkat durasi karantina menjadi lima hari, waktu pelaksanaan tes ulang kedua RT-PCR di hari keempat karantina, dan pengaturan pintu masuk WNA yang ingin berwisata ke Indonesia melalui Bali dan Kepulauan Riau.

Baca Juga: Dekan FEB Undip Tekankan Pentingnya Diplomasi Ekonomi Skala Global

Kemudian menambahkan prasyarat administratif perjalanan selain kartu vaksin dan hasil negatif PCR.

Di antaranya, dengan Visa kunjungan singkat atau izin masuk lainnya, bukti kepemilikan asuransi kesehatan dengan minimal pertanggungan Rp 100 ribu US Dollar.

Hal ini mencakup pembiayaan penanganan Covid-19 dan bukti konfirmasi pemesanan dan pembayaran tempat akomodasi selama menetap di Indonesia.

"Keputusan untuk memperpendek durasi karantina dan memperluas kriteria WNA masuk Indonesia demi meningkatkan pertumbuhan ekonomi seiring dengan upaya pengendalian kasus yang telah dilakukan. Keputusan ini dihasilkan dari pertimbangan matang berbagai ahli serta praktisi sektor terkait," tegas Wiku dalam Keterangan Pers Perkembangan Penanganan Covid-19 di Graha BNPB, Kamis 14 Oktober, yang juga disiarkan kanal YouTube Sekretariat Presiden.

Baca Juga: Kera Ekor Panjang Sangat Dihormati di Bali, Ini Penjelasan Ahli

Halaman:

Editor: Andika Primasiwi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Liga Italia Pekan 23: Waktunya AC Milan Vs Juventus

Sabtu, 22 Januari 2022 | 06:26 WIB
X