Danpuster TNI AD: Media Massa Miliki Peran Strategis Menjaga Ketahanan Negara

- Kamis, 14 Oktober 2021 | 18:16 WIB
Danpusterad Letjen TNI Teguh Arif I, SE, MM memberikan sambutan saat acara Sarasehan Mabes TNI AD Pusat Teritorial dengan Media 2021 di Hotel Horison Ultima Bekasi, Jawa Barat. (Foto/Siswo Ariwibowo)
Danpusterad Letjen TNI Teguh Arif I, SE, MM memberikan sambutan saat acara Sarasehan Mabes TNI AD Pusat Teritorial dengan Media 2021 di Hotel Horison Ultima Bekasi, Jawa Barat. (Foto/Siswo Ariwibowo)

BEKASI, suaramerdeka.com - Media massa memiliki peran strategis dalam ikut serta menjaga ketahanan nasional.

Semangat itu sejalan dengan salah satu visi-misi TNI AD dalam melakukan pembinaan di wilayah teritorialnya masing-masing.

Pandangan itu disampaikan Komandan Kepala Pusat Teritorial Angkatan Darat (Danpusterad) Letjen TNI Teguh Arif I, SE, MM saat memberikan sambutan di acara Sarasehan Mabes TNI - AD Pusar Teritorial dengan Media 2021 di Bekasi.

"Media massa memiliki peran strategis dalam melaksanakan pembinaan ketahanan masyarakat," kata Letjen TNI Teguh Arif, Rabu 13 Oktober 2021.

Baca Juga: Dongkrak Pariwisata, Akademisi Unnes Inisiasi Virtual Tour

Hadir di acara sarasehan sebagai narasumber, Ketua Dewan Pers Prof Dr KH Mohammad Nuh, DEA dan Dirjen IKP Kemenkominfo, Usman Kansong, S.Sos, M.Si.

Teguh Arif mengatakan, Undang-undang Nomor 3 Tahun 2002 pasal 1 ayat 2 tentang pertahanan negara, menjelaskan bahwa pertahanan negara bersifat semesta merupakan sistem yang melibatkan seluruh warga negara Indonesia beserta sumber daya lainnya.

Ini bagian dari integrasi dari unsur utama pertahanan negara dalam menyelenggarakan amanat undang-undang tersebut melalui konsep pembinaan teritorial.

"Kewajiban kita mengedukasi dan proaktif mengajak masyarakat agar bijaksana dalam memanfaatkan media massa agar lebih selektif dalam mengkonsumsi berita dan informasi yang diterima," katanya.

Ia melanjutkan, kecepatan informasi di era revolusi industri 4.0 menjadi kebutuhan penting bagi semua lapisan masyarakat.

Halaman:

Editor: Ahmad Rifki

Tags

Terkini

X