Hendi Ziarah ke Makam KRMT Wongsonegoro, Sosok Pahlawan yang Dekat dengan Kota Semarang

- Rabu, 13 Oktober 2021 | 21:02 WIB
Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi saat berziarah ke Makam KRMT Wongsonegoro, di Desa Gatak Kabupaten Sukoharjo, Rabu, 13 Oktober 2021. (suaramerdeka.com/dok)
Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi saat berziarah ke Makam KRMT Wongsonegoro, di Desa Gatak Kabupaten Sukoharjo, Rabu, 13 Oktober 2021. (suaramerdeka.com/dok)

SEMARANG, suaramerdeka.com - Jelang peringatan pertempuran Lima Hari di Semarang, Wali Kota Hendrar Prihadi dan jajarannya melakukan ziarah ke makam KRMT Wongsonegoro, di Desa Gatak Kabupaten Sukoharjo, Rabu, 13 Oktober 2021.

Tak hanya sekedar mengenang, Hendi juga menekankan pentingnya meneladani jasa-jasa Gubernur Jawa Tengah pertama setelah kemerdekaan tersebut.

Wongsonegoro dianggap berperan penting menginisiasi perjuangan pemuda Semarang sekaligus melakukan perundingan dengan Jepang untuk menghentikan perang agar menghindari banyak korban.

Baca Juga: Atlet Silat Jateng Buktikan Kehebatan di PON XX Papua, Raih Medali Emas di Kelas B Putra

"Kota Semarang ini ada hingga menjadi seperti sekarang tidak lepas dari jasa-jasa dan perjuangannya. Maka kehadiran kita di sini sebagai salah satu bentuk pengabdian kita kepada bangsa dan Negara, karena kita bisa hidup di jaman kemerdekaan," ujar Hendi di sela-sela ziarah.

Menurut Hendi, KRMT Wongsonegoro adalah sosok pahlawan yang begitu dekat dengan Kota Semarang.

Hendi juga mengakui jika jasa seorang KRMT Wongsonegoro begitu besar terhadap Kota Semarang.

Baca Juga: Piala Thomas 2021: Ganda Putra Indonesia, Fajar/Rian Gagal Lanjutkan Kemenangan

Oleh karena itu, namanya diabadikan sebagai nama RSUD di Kota Semarang.

Dalam ziarah tersebut, hadir pula jajaran Forkopimda Kota Semarang, Pimpinan DPRD Kota Semarang dan perwakilan keluarga KRMT Wongsonegoro yakni RM Satria Puji Hudiarso.

Halaman:

Editor: Rosikhan Anwar

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Tiga Rapat Ini Jadi Penentu Lahirnya Sumpah Pemuda

Senin, 25 Oktober 2021 | 06:25 WIB

Baznas Jateng Bantu Alat Dakwah Virtual

Senin, 25 Oktober 2021 | 04:56 WIB
X