Kasus Covid-19 Belum Turun, Komnas Haji Ungkap Kekhawatirannya

- Selasa, 29 September 2020 | 18:15 WIB
Kasus Covid-19 Belum Turun, Komnas Haji Ungkap Kekhawatirannya. (istimewa)
Kasus Covid-19 Belum Turun, Komnas Haji Ungkap Kekhawatirannya. (istimewa)

JAKARTA, suaramerdeka.com – Karena kasus covid-19 di Indonesia belum turun, Ketua Komnas Haji dan Umrah Musolih Siradj ungkap kekhawatirannya jika nanti Indonesia ditolak atau tidak diizinkan Arab Saudi untuk mengikuti umrah.

Baca juga: Indonesia Optimistis Dapat Izin Umrah, Ini Alasan Dubes Saudi

Pemerintah Indonesia harap-harap cemas menunggu apakah Pemerintah Arab Saudi akan member izin umrah kepada Indonesia. Begitu pun Ketua Komnas Haji dan Umrah Mustolih Siradj mengaku khawatir mengingat tren kasus Covid-19 belakangan justru meninggkat.

“Negara-negara yang memiliki kasus Covid-19 masih tinggi tentu warganya akan sulit lolos mendapat izin umrah,” kata Mustoli, menambahkan,

Negara Arab Saudi sebagai tuan rumah akan bersikap selektif dan tidak akan sembarangan dalam memberi izin kepada negara mana saja yang akan dibolehkan memasuki negara tersebut.

Selama ini, negara kaya minyak itu sangat concern melindungi warganya, sehingga tidak akan mengambil tindakan yang menimbulkan risiko dan ancaman besar bagi kesehatan warganya. Optimistis, tentu harus, namun kemungkinan-kemungkinan terburuk itu patut diperhitungkan sekarang.

“Tentu saja hal itu tidak kita inginkan. Apalagi ada 34 ribu calon jamaah umrah asal Indonesia yang harus diprioritaskan karena sebelumnya gagal berangkat pada medio Februari-Mei lalu di masa awal pandemi Covid-19 menghantam negara-negara di seluruh dunia,” kata Mustolih di Jakarta, Senin (28/9).

Komas Haji menilai pembukaan kembali penyelenggaraan ibadah umrah oleh Pemerintah Saudi secara bertahap membuka peluang bagi calon jamaah umrah asal Indonesia, sekaligus mempertaruhkan nama baik pemerintah Indonesia dalam penanganan Covid-19.

“Penanganan Covid-19 di Indonesia secara objektif akan diuji dan dipertaruhkan di hadapan negara lain. Sebab sampai saat ini pandemi Covid-19 di Tanah Air masih belum kunjung turun,” kata Mustolih Siradj.

Halaman:

Editor: Nugroho

Tags

Terkini

Sumpah Pemuda, Makna Angka 28 Menurut Feng Shui

Rabu, 27 Oktober 2021 | 20:03 WIB

Catat! Cuti Bersama Natal 2021 Resmi Dihapus

Rabu, 27 Oktober 2021 | 18:23 WIB
X