Sempat Dipertanyakan, Keterlibatan BIN Membantu Mempercepat Pengendalian Covid-19

- Rabu, 16 September 2020 | 13:55 WIB
Sempat Dipertanyakan, Keterlibatan BIN Membantu Mempercepat Pengendalian Covid-19. (istimewa)
Sempat Dipertanyakan, Keterlibatan BIN Membantu Mempercepat Pengendalian Covid-19. (istimewa)

JAKARTA, suaramerdeka.com - Meski sempat dipertanyakan dalam penanganan virus corona, keterlibatan Badan Intelijen Negara (BIN) adalah membantu mempercepat pengendalian covid-19 di Indonesia. Hal itu disampaikan Deputi Komunikasi dan Informasi BIN, Wawan Hari Purwanto.

“Kalau mengenai Covid-19 itu perintah presiden memang, karena menuntut kecepatan, perlu menggerakkan semua lini,“ tutur Wawan.

“Di samping itu untuk mendatangkan apapun dari luar negeri sulit karena lockdown. Nah, yang bisa tembus BIN,” sambungnya.

Selain di sektor kesehatan, BIN juga turut mengawal pemulihan sektor pariwisata di Indonesia khususnya Bali. Pekan lalu, BIN terjun langsung ke Bali untuk memastikan bahwa konsep pariwisata di Bali telah menerapkan protokol kesehatan secara ketat dan baik sesuai Instruksi Presiden Nomor 6 Tahun 2020 tentang Peningkatan Disiplin dan Penegakan Hukum Protokol Kesehatan Dalam Pencegahan dan Pengendalian Corona Virus Disease 2019.

“Bali namanya ikon Indonesia di situ, nanti menyusul daerah-daerah lain. Kita turun untuk penyemangat, kita turun mencari feedback dari semua,” ungkap Wawan.

Menanggapi ini, analis intelijen dan keamanan Stanislau Riyanta, berpendapat keterlibatan BIN dalam pengendalian penyebaran virus corona di Indonesia sebagai hal yang wajar. Karena krisis ini memiliki potensi dampak yang sistemik.

Editor: Nugroho

Tags

Terkini

X