116 Dokter Meninggal Terpapar COVID-19, Terbanyak di Jawa Timur

- Sabtu, 12 September 2020 | 16:37 WIB
Istimewa
Istimewa

JAKARTA, suaramerdeka.com – Sejumlah dokter yang meninggal akibat Covid-19 terus bertambah. Ketua Tim Mitigasi Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Adib Khumaidi menyampaikan per hari ini, jumlah dokter yang terenggut nyawanya akibat COVID-19 sebanyak 116 orang.

Baca Juga: 100 Dokter Meninggal karena Covid-19, Kewaspadaan Perlu Ditingkatkan

Baca Juga: Meninggalnya 100 Dokter, Perlindungan Harus Jadi Prioritas Pemerintah

Baca Juga: Dokter Meninggal Akibat Covid-19 Bertambah

"Barusan saya mendengar lagi ini ada ada 2 tambahan (dokter meninggal). Jadi sekarang 116 yang meninggal. Ada beberapa informasi yang juga ada yang sakit dirawat di ICU saat ini dan ini kita harapkan bisa pulih," kata Adib saat diskusi virtual Trijaya FM pada Sabtu 12 September 2020.

Adib mengatakan, Jawa Timur menjadi provinsi paling banyak menyumbangkan dokter yang meninggal. Disusul kemudian oleh Kota Medan, Sumatera Utara dan lalu Provinsi DKI Jakarta.

"Paling banyak Jawa Timur 29, Medan 21, kemudian Jakarta dan daerah-daerah yang lain. Ini menjadi perhatian bagi kita dan ada 55 orang (yang meninggal) adalah dokter umum sisanya adalah spesialis,” katanya.

Adib mengatakan, pihaknya telah berkoordinasi dengan Satuan Tugas COVID-19 agar para tenaga kesehatan diberi proteksi ekstra selama bertugas. Dari sejumlah kasus, dokter yang tertular bukan secara langsung menangani pasien. Ada juga dokter saat praktik di rumah sakit kemudian tertular dengan pasien yang belum terdeteksi virus.

Adib juga menyampaikan tentang keluhan para tenaga medis yang kelelahan menangani pasien selama masa pandemi ini. Dia karena itu berharap agar pemerintah juga tetap sadar bahwa potensi dokter terpapar COVID-19 harus menjadi perhatian penting. Bahkan kata dia perlu ada semacam Komite Keselamatan Tenaga Kesehatan.

Halaman:

Editor: Maya

Tags

Terkini

Gunung Semeru Meletus, Ini Sejarah Letusannya

Minggu, 5 Desember 2021 | 07:45 WIB
X