Sumbermulyo Jadi Percontohan Dewa Wisata Anggur

Nugroho
- Rabu, 19 Agustus 2020 | 13:46 WIB
Sumbermulyo Jadi Percontohan Dewa Wisata Anggur . (suaramerdeka.com/Sugiarto)
Sumbermulyo Jadi Percontohan Dewa Wisata Anggur . (suaramerdeka.com/Sugiarto)

BANTUL, suaramerdeka.com – Desa Sumbermulyo Kecamatan Bambanglipura, Bantul jadi percontohan desa wisata anggur. Ini berkat kegigihan dan keuletan serta keinginan warga desa setempat. Sehingga menjadikan desa itu mandiri dan sejahtera.

Semua itu berkat warganya yang kompak dan ulet menanam anggur di halaman rumahnya. Hampir semua rumah warga halamannya ditanami anggur. Sehingga menjadikan desa tersebut sebagai destinasi desa wisata anggur.

Atas keberhasilannya tersebut, Bupati Bantul Suharsono mengapresiasi gerakan warga Dusun Plumbungan, Desa Sumbermulyo, Kecamatan Bambanglipuro, Kabupaten Bantul, yang berhasil menjadikan kampungnya sebagai obyek wisata dengan tanaman anggurnya.

Keberhasilan pengembangbiakan anggur ini, akhirnya mampu meningkatkan perekonomian warga desa setempat. Karena setiap berbuah puluhan bahkan ratusan wisatawan berkunjung ke desa tersebut.

“Keberhasilan warga di sini mengembangkan tanaman anggur yang selama dikenal sebagai buahnya orang kaya, selain tanahnya yang cocok juga karena kerja keras warganya yang pantang menyerah,'' kata Suharsono saat berkunjung, kemarin.

Sejak dikembangkan pada 2017 lalu, Suharsono menilai Dusun Plumbungan telah mengangkat nama Bantul, karena menjadi salah satu rujukan agrowisata. Bahkan, keberhasilan menjadikan Plumbungan menjadi ‘Kampung Anggur’ juga sudah banyak ditiru oleh sejumlah daerah.

Bagi Suharsono, pemilihan komoditas yang tepat dan sesuai dengan kontur serta kondisi lahannya ternyata menjadi kunci untuk pengembangan pertanian yang berorientasi pada agrowisata.

Suhardono mencontohkan petani bawang merah di bukit Selopawioro, meski kawasan perbukitan dan tandus namun ternyata tanaman bawang merah hidup subur.

''Kita mendorong sana menjadi sentra bawang merah dan agrowisata dengan pemandangan indah perbukitannya,” ujar Bupati Bantul.

Halaman:

Editor: Nugroho

Terkini

X