Sejumlah Daerah Apresiasi PT Pos Indonesia dalam Penyaluran BST

- Senin, 17 Agustus 2020 | 21:15 WIB
Sejumlah Daerah Apresiasi PT Pos Indonesia dalam Penyaluran BST. (istimewa)
Sejumlah Daerah Apresiasi PT Pos Indonesia dalam Penyaluran BST. (istimewa)

JAKARTA, suaramerdeka.com - Sejumlah daerah beri apresiasi kepada PT Pos Indonesia dalam penyaluran Bantuan Sosial Tunai (BST) kepada masyarakat yang terdampak covid-19. Apresiasi itu disampaikan melalui perwakilan masyarakat daerah dalam webinar.

Ada 12 daerah yang menyampaikan apresiasi. Yaitu Riau, Jawa Timur, Nusa Tenggara Timur, Sulawasi Selatan, Kalimantan Utara, Sumatera Selatan, Maluku, Sulawesi Tengah, Bangka Belitung, Banten, Maluku Utara dan Sulawesi Utara.

Dalam webinar tersebut disampaikan beberapa hal, seperti Kepala Kantor Pos Palembang, Risdiyanti yang menjelaskan bahwa pihaknya telah menyalurkan BST baru-baru ini untuk periode April-Mei-Juni, yang kini sudah memasuki tahap ketiga dibayarkan pada bulan Juli 2020, di mana setiap bulannya Masyarakat atau Keluarga Penerima merupakan mereka yang terdampak langsung dari Pandemi Covid-19, dengan total bantuan sebesar Rp 600 ribu.

“Perlu kami sampaikan, bahwa BST ini bukan untuk perorangan melainkan dihitung satu keluarga atau per-KK, dan Alhamdulillah semuanya sudah kita salurkan dan berjalan sebagaimana mestinya, Alhamdulillah sejak 5 Juli lalu sudah kita salurkan dan sekarang sudah mencapai 98 persen,” kata Risda, dalam keterangan tertulisnya, Senin (17/8).

Ketua Masika ICMI Orwil Sumsel yang juga merupakan Staf Ahli Wali Kota Palembang, Donny Meilano, pun menuturkan, apa yang dilakukan PT Pos Indonesia sudah sangat baik dan optimal, serta mempermudah masyarakat penerima BST dalam mengakses hak-hak mereka sebagai masyarakat terdampak pandemi Covid-19 ini.

“Ada hal yang menurut kami juga mesti menjadi catatan penting bagi PT Pos bahwa tetap proaktif menjaga sosial distancing, jangan sampai nanti justru ada klaster baru kasus Covid-19 dari PT Pos Indonesia karena ceroboh dalam aktivitas penyaluran BST yang sangat kompleks masyarakat penerima, cukuplah beberapa perusahaan di Palembang yang sudah terpapar seperti Pegawai PT Pusri, BSB, bahkan Kampus Perguruan Tinggi, ini sekedar masukan,” ujar Donny.

Dalam Webinar yang dilakukan di Sulawesi Selatan, Kepala Dinas Sosial Luwu, Masling Malik mengatakan ada 23.641 KK di daerahnya yang menerima BLT program Kemensos tersebut.

"Tak sedikit warga penerima BST tinggal di pedalaman. Dengan kerja sama PT Pos Indonesia ini, penyaluran BST bisa lebih cepat dilakukan karena didukung dengan jaringan yang luas dari PT Pos Indonesia. Saya support buat teman-teman PT Pos karena penyalurannya ini dilakukan hampir di setiap desa, bahkan yang jauh ke pedalaman,” ucapnya.

Seperti diketahui, penyaluran BST dilakukan sesuai Keputusan Presiden No. 12/2020 tentang penetapan bencana non-alam terkait penyebaran covid-19 sebagai bencana nasional. Melalui Kementerian Sosial, pemerintah menyalurkan bantuan sosial sembako dan bantuan sosial tunai (BST) bagi keluarga penerima manfaat (KPM) di seluruh wilayah Indonesia, melalui kerja sama dengan PT Pos Indonesia (Persero) dan Himbara. Dengan bantuan dari pemerintah diharapkan mampu mengurangi beban ekonomi, dan memenuhi kebutuhan pokok bagi masyarakat terdampak.

Halaman:

Editor: Nugroho

Tags

Terkini

Pintu Nasdem Terbuka Lebar untuk Ridwan Kamil

Jumat, 3 Desember 2021 | 14:36 WIB

Menyikapi Penurunan Kualitas Demokrasi Selama Pandemi

Kamis, 2 Desember 2021 | 21:23 WIB
X