KTM di Zona Hijau Diperbolehkan dengan Syarat Ketat

- Kamis, 6 Agustus 2020 | 13:31 WIB
Istimewa
Istimewa

BANDUNG, suaramerdeka.com - Kepala Satgas Penanganan Covid-19, Doni Monardo menyatakan bahwa opsi kebijakan membuka kegiatan belajar tatap muka (KTM) sepenuhnya diberikan kepada pemerintah daerah hingga tingkat kepala sekolah.

Sepanjang bisa memenuhi ketentuan, terutama penerapan protokol kesehatan secara ketat, wilayahnya pun berada di zona hijau, dia mempersilahkan daerah untuk memulai kegiatan tersebut.

"Baru sekitar 27 persen (wilayah) yang masuk zona hijau, bisa memulai KTM. Hanya saja, yang terjadi, malah terjadi beda pendapat terutama orang tuanya. Ada yang senang, tapi banyak juga yang keberatan," jelasnya di Gedung Pakuan Bandung, Kamis (6/8).

Meski memberi kebebasan, Kemendikbud juga sudah memberikan lampu hijau terutama zona di level kewaspadaan paling rendah, Doni yang juga Kepala BNPB mewanti-wanti untuk mengambil kebijakan tersebut secara hati-hati termasuk mempertimbangkan banyak hal secara komprehensif.

"Kita harus memahami langkah-langkah yang dijalankan, termasuk menjelaskan kepada anak-anaknya. Bukan apa-apa, tanpa informasi cukup, ini bisa mengakibatkan kejadian fatal seperti kemungkinan di antara anaknya saling berganti masker, ini berbahaya," jelasnya.

Untuk itu, pihaknya menekankan kepada pengambil kebijakan yang akan membuka kegiatan belajar tatap muka itu dapat mempertimbangkan prasyarat yang mutlak dipenuhi guna meminimalisir potensi kerawanan.

Menurut perwira tinggi AD berbintang tiga itu, Pemda dan juga pihak sekolah harus memastikan pembukaan itu diawali dengan kegiatan prakondisi seperti simulasi.

"Kita berharap, ketika dimulai, tahapan prakondisi jadi prioritas. Jadi tak boleh Kepsek atau guru langsung memulainya tanpa tahapan simulasi, di samping ketersediaan fasilitas kesehatan, deteksi seperti sensor panas tubuh, jaga jarak, masker, hand sanitizer, hingga tempat cuci tangan," katanya.

Editor: Maya

Tags

Terkini

Baru Sebulan Diresmikan, Jembatan di Karawang Ambles

Sabtu, 29 Januari 2022 | 12:41 WIB

Gita Amperiawan Jadi Dirut DI yang Gres

Jumat, 28 Januari 2022 | 00:13 WIB
X