Ganjil-Genap Kembali Berlaku di Jakarta, Diterapkan di 25 Ruas Jalan

- Minggu, 2 Agustus 2020 | 07:12 WIB
Foto: Istimewa
Foto: Istimewa

JAKARTA, suaramerdeka.com - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta akan memberlakukan kembali pembatasan roda empat dengan pelat nomor ganjil genap, mulai Senin (3/8).

Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Sambodo Purnomo Yogo memastikan jajarannya telah siap mempersiapkan segala instrumen untuk memberlakukan hal tersebut.

“Yang jelas ETLE (Electronic Traffic Law Enforcement) untuk gage (ganjil genap)  juga akan kami berlakukan, termasuk tilang secara manual,” kata Sambodo, Sabtu (1/8).

Namun ia masih enggan menjelaskan secara detail apa saja yang dipersiapkan, termasuk apakah akan ada perubahan bentuk penindakan terhadap pelanggar, karena ini ganjil genap diberlakukan di tengah penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) transisi.

“Besok press release di Bundaran HI (Hotel Indonesia) jam 08.00 WIB,” ujarnya.

Baca Juga: Pertamina Jamin Stok BBM Selama Libur Idul Adha Aman dan Cukup

Penerapan kembali ganjil genap mengacu pada Peraturan Gubernur DKI Nomor 88 Tahun 2019 tentang Perubahan Atas Peraturan Gubernur Nomor 155 Tahun 2018 tentang Pembatasan Lalu Lintas dengan Sistem ganjil genap.

Sebelumnya, aturan ganjil genap sempat dihentikan sejak 15 Maret 2020 lau, dan terus mengalami masa perpanjangan hingga saat ini. Upaya penerapan kembali ganjil genap ini disebut sebagai salah satu langkah menekan penyebaran Covid-19.

Sementara itu Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo mengatakan kebijakan ganjil genap akan diterapkan di 25 ruas jalan. Penerapan kembali ganjil genap, karena terjadi lonjakan volume lalu lintas di masa PSBB transisi.

Halaman:

Editor: Rosikhan

Tags

Terkini

Sumpah Pemuda, Makna Angka 28 Menurut Feng Shui

Rabu, 27 Oktober 2021 | 20:03 WIB

Catat! Cuti Bersama Natal 2021 Resmi Dihapus

Rabu, 27 Oktober 2021 | 18:23 WIB
X