Menko Polhukam Bentuk Tim Pemburu Koruptor, IPW: Tak Ada Gunanya

- Selasa, 21 Juli 2020 | 15:00 WIB
Istimewa
Istimewa

JAKARTA, suaramerdeka.com - Indonesia Police Watch (IPW) menilai, pembentukan tim pemburu koruptor dari rezim ke rezim tidak ada gunanya. Sehingga, Menteri Koordinator Politik, Hukum dan Keamanan Mahfud MD tidak perlu repot untuk membentuk tim pemburu koruptor.

"Mahfud cukup mengawasi secara agresif lembaga penegak hukum dan instansi di bawah koordinasinya, agar serius memberantas korupsi," kata Ketua Presidium IPW Neta S Pane, Selasa (21/7).

Keseriusan itu dapat ditunjukkan dengan menangkap Djoko Tjandra dan menciduk semua pejabat negara yang memberi 'karpet merah' pada buronan kakap tersebut. Apalagi, selama ini koruptor tetap nyaman dan happy kabur ke luar negeri.

"Saat ini misalnya, ada 39 koruptor buronan di luar negeri. Hal itu karena tim pemburu koruptor yang dibentuk rezim masa lalu, kerjanya slow," ujarnya.

Oleh karena itu, IPW menyarankan itu lebih baik Mahfud sebagai Menko Polhukam yang membawahi Polri, Kejaksaan, Menkumham dan lain-lain, mendorong percepatan penangkapan Joko Tjandra. Selain itu juga mengawasi secara agresif kinerja lembaga di bawah koordinasinya.

"Hal ini lebih bermanfaat ketimbang Mahfud membentuk tim pemburu koruptor. Di mana hal itu justru bisa tumpang tindih dengan Polri, Kejaksaan Agung dan Komisi Pemberantasan Korupsi," tandasnya.

Dia menambahkan, Mahfud bisa segera mendalami pengakuan Mabes Polri yang mengatakan bahwa Brigjen Pol Prasetyo mendampingi Joko Tjandra dalam perjalanan ke Kalimantan Barat. Bagi IPW, lanjutnya, pengakuan Mabes Polri itu tidak mengejutkan.

"Jauh hari sebelumnya, IPW sudah mendapat foto Prasetyo mendampingi buronan kakap Joko Tjandra ke Pontianak. Selain itu, IPW juga mendapat foto copy dokumen perjalanan mereka," ungkapnya.

Digali

Halaman:

Editor: Maya

Tags

Terkini

Kemenag Raih Anugerah Meritokrasi KASN 2021

Selasa, 7 Desember 2021 | 21:40 WIB

Safar: Program JKN KIS, Jaminan Kesehatan yang Mumpuni

Selasa, 7 Desember 2021 | 14:07 WIB
X