Tak Pakai Masker, Warga Bakal Dijatuhi Denda Hingga Rp 150 Ribu

- Senin, 13 Juli 2020 | 16:00 WIB
Istimewa
Istimewa

BANDUNG, suaramerdeka.com - Penjatuhan denda terhadap masyarakat yang kedapatan tak menggunakan masker di ruang publik bakal mulai dilakukan di wilayah Jabar sebagai bagian dari upaya pengendalian sebaran kasus Covid-19.

Bagi pelanggarnya, besaran denda yang siap dijatuhkan antara Rp 100 ribu hingga Rp 150 ribu. Rujukan hukum atas aturan itu adalah Pergub. Langkah ini disebut sebagai proses pendisiplinan masyarakat.

"Denda tersebut bakal dimulai 27 Juli mendatang," kata Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Jabar, Ridwan Kamil saat menyampaikan siaran daring dari Makodam III Siliwangi, Bandung, Senin (13/7).

RK juga menjelaskan bahwa denda tersebut mempunyai opsi pula untuk digantikan dengan jenis hukuman lainnya (subsider). Jenis hukuman pengganti itu yakni kerja sosial hingga kurungan.

Upaya penegakan hukum berupa denda di lapangan itu, bakal dilakukan petugas gabungan mulai Satpol PP,  kepolisian, hingga TNI. "Mereka bertindak atas nama gugus tugas," katanya.

Hanya saja, dia mengingatkan bahwa penerapan denda bukan berarti Gugus Tugas tengah mengejar nilai dalam besarannya. Justru, katanya, pihaknya menginginkan masyarakat bisa benar-benar menjaga protokol kesehatan sebagai bagian upaya penekanan kasus tersebut. Kebijakan itu pun berlaku selama dua pekan.

"Dendanya masuk kas daerah. Kami tentu tak berharap banyak masyarakat yang terjaring sehingga terkena denda, itu bukan tujuan dari kebijakan denda, ini ada semata untuk kedisplinan saja selama pandemi," jelasnya.

Menurut dia, keputusan penjatuhan denda tersebut harus dilakukan di antaranya merujuk pada situasi terkini di lapangan. Pasalnya, berdasarkan pengamatan yang dilakukan, respon masyarakat sudah cenderung kendor di masa adaptasi kebiasaan baru.

"Hasil monitoring kita, terutama laporan dari kepolisian, banyak orang yang mulai cuek tak menggunakan di tempat-tempat umum. Situasi ini perlu pendisiplinan," jelas Gubernur Jabar itu.

Halaman:

Editor: Maya

Tags

Terkini

X