Mahasiswa UNS Gelar KKN di Masa Covid, Bagikani Masker dan Alat Cuci Tangan

Andika
- Jumat, 3 Juli 2020 | 10:26 WIB
BAGIKAN MASKER: Mahasiswa KKN UNS menyerahkan bantuan masker untuk warga desa. (suaramerdeka.com / Joko Dwi Hastanto)
BAGIKAN MASKER: Mahasiswa KKN UNS menyerahkan bantuan masker untuk warga desa. (suaramerdeka.com / Joko Dwi Hastanto)

KARANGANYAR, suaramerdeka.com – KKN (kuliah kerja nyata) bagi mahasiswa UNS Surakarta tetap diberlakukan meski di masa pandemi covid-19. Tidak ada toleransi bagi mahasiswa untuk menunda KKN gara-gara covid. Karena itu justru kegiatan mahasiswa di pedesaan bisa terkait bagaimana mencegah pandemi ini berlanjut.

Itulah yang dilakukan mahasiswa UNS Andina Sausan dari Fakultas Pertanian dan rekan-rekannya di Kampung Popongan Karanganyar. Sejak 15 Mei mereka terjun ke kampung untuk KKN sampai berakhir 30 Juni lalu.

"Karena bersamaan dengan pandemi, wabah, maka kami berupaya menyesuaikan dengan kondisi dengan mengadakan kegiatan yang terkait dengan upaya agar masyarakat berdamai dengan covid. Jangan menyepelekan, namun harus ikhtiar dan tidak takut berlebihan," kata Sausan yang dibimbing langsung Prof Achmad Yunus.

Sejumlah kegiatan dilakukan mulai dari membagikan masker agar masyarakat terbiasa menggunakan penutup mulut dan hidung itu dalam berbagai kegiatan, sampai membagi alat cuci tangan. Sebab kebiasaan ini harus terus dilakukan. Memasuki new normal yang sudah diberlakukan di Karanganyar, Sausan dan kawan-kawannya terus menerus mencoba mengedukasi masyarakat untuk memiliki kebiasaan baru yang harus dilakukan agar covid tidak menyerang.

Sejumlah alat cuci tangan diletakkan di dekat masjid, taman kampung, juga spanduk MMT dipasang di berbagai tempat, menyebar leaflet, membagi masker, dan penyuluhan lewat online pada anak-anak, dan warga agar mereka melakukan kebiasaan hidup bersih. Selain itu secara online pula mereka membina anak-anak sekolah untuk mengis masa libur dan masa belajar di rumah itu dengan bimbingan belajar, sehingga waktu mereka tidak hanya tersita untuk bermain saja.

Justru yang penting adalah membuat mereka paham tentang gejala, jenis penyakit covid ini, serta pencegahan awal sebelum tentunya kejadian yang membuat mereka lebih parah lagi. Ini penting agar memasuki new normal mereka sudah paham tentang apa yang harus mereka cegah dan lakukan.(

Editor: Andika

Terkini

Tagar Giring Trending di Twitter, Ini Penyebabnya

Kamis, 6 Januari 2022 | 22:28 WIB

Fokus di Kabinet, Airlangga Tak Akan Mundur

Sabtu, 1 Januari 2022 | 18:32 WIB
X