JHT Bergeser Filosofi, Serikat Pekerja: Dicairkan Setelah PHK, Tak Lagi Dinikmati di Masa Tua

- Sabtu, 9 Oktober 2021 | 16:34 WIB
LAYANI PESERTA: Petugas BPJamsostek melayani wawancara peserta di kantor layanan BPJamsostek Magelang (suaramerdeka.com/Asef Amani)
LAYANI PESERTA: Petugas BPJamsostek melayani wawancara peserta di kantor layanan BPJamsostek Magelang (suaramerdeka.com/Asef Amani)

 

MAGELANG, suaramerdeka.com - Pandemi Covid 19 yang hampir dua tahun melanda Indonesia telah memberikan dampak yang masif, tak terkecuali terhadap sektor ketenagakerjaan.

Hal inilah yang mendasari Komisi IX DPR RI menggelar Rapat Dengar Pendapat (RDP) bersama Kementerian Ketenagakerjaan, BPJS Ketenagakerjaan (BPJamsostek), dan perwakilan Serikat Pekerja/Buruh guna membahas pengawasan klaim Jaminan Hari Tua (JHT), Jaminan Pensiun (JP) dan Jaminan Kehilangan Pekerjaan (JKP) terhadap pekerja atau buruh yang mengalami Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) di masa pandemi Covid-19.

Kepala BPJamsostek Magelang, Budi Santoso mengatakan, saat ini peningkatan klaim JHT memang mengalami peningkatan, walaupun tidak terlalu signifikan. Akan tetapi cukup berdampak pada jumlah kepesertaan program BPJamsostek di Magelang.

Baca Juga: Tundukkan Bali, Tim Basket Putri Jawa Timur Bawa Pulang Emas PON XX Papua

“Pergeseran makna dari JHT, menjadikan jaminan sosial ini senjata terakhir bagi para pekerja di kala mereka ter-PHK dari perusahaannya. Sehingga, JHT yang seharusnya diambil pada masa tua akhirnya diambil pada masa muda, atau saat ter-PHK," ujarnya, Sabtu 9 Oktober 2021.

Dirjen Pembinaan Hubungan Industrial dan Jaminan Sosial (PHI & Jamsos) Kemenaker, Indah Anggoro Putri menjelaskan, peningkatan angka klaim JHT, salah satunya disebabkan banyaknya pekerja yang mengalami PHK.

Selain itu, pihaknya mendapati adanya pergeseran filosofi dari program JHT yang seharusnya dinikmati ketika memasuki hari tua atau masa pensiun, namun banyak pekerja yang justru mencairkan saldo JHT setelah PHK.

Baca Juga: Lifter Nurul Akmal Pecahkan Rekor Nasional

Halaman:

Editor: Edyna Ratna Nurmaya

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X