Vaksin Booster untuk Tenaga Kesehatan Baru Capai 70 Persen, Kemenkes Terus Gencarkan

- Sabtu, 9 Oktober 2021 | 09:12 WIB
Plt Kepala Badan PPSDM Kemenkes RI dr Kirana Pritasari MQIH meninjau pelaksanaan vaksinasi, di  Sentra Vaksinasi Polkesmar. (suaramerdeka.com / dok)
Plt Kepala Badan PPSDM Kemenkes RI dr Kirana Pritasari MQIH meninjau pelaksanaan vaksinasi, di Sentra Vaksinasi Polkesmar. (suaramerdeka.com / dok)

SEMARANG, suaramerdeka.com - Pelaksanaan vaksinasi untuk mencegah penyebaran Covid-19 terus digencarkan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI

Untuk itu, Kemenkes telah menugaskan 38 Politeknik Kesehatan (Poltekkes) yang tersebar di seluruh Indonesia bekerja sama dengan Dinas Kesehatan untuk menjadi tempat penyelenggaraan vaksinasi massal bagi masyarakat.

Hal itu diungkapkan Plt Kepala Badan PPSDM Kemenkes RI dr Kirana Pritasari MOIH, di sela-sela peninjauan pelaksanaan vaksinasi di Sentra Vaksinasi Politeknik Kesehatan Kemenkes Semarang (Polkesmar), Jumat, 8 Oktober 2021.

"Kami harus terus aktif agar cakupan pelaksanaan vaksinasi di daerah-daerah bisa segera mencapai target untuk menciptakan herd immunity. Termasuk pemberian booster bagi tenaga kesehatan yang saat ini baru mencapai sekitar 900 ribu dari 1,4 juta tenaga kesehatan," kata dia.

Baca Juga: Panen Bawang Merah Organik Bersama di Desa Nglorok, ABMI: Umbinya Besar, Rasa Lebih Enak

Diakuinya, capaian vaksinasi untuk kelompok rentan terutama lansia hingga saat ini masih belum sesuai harapan.

Untuk itu, Kirana mengharapkan peran serta para mahasiswa Poltekkes untuk ikut memberikan penyuluhan kesehatan kepada masyarakat di daerahnya.

"Ini kesempatan bagi mahasiswa, khususnya Poltekkes untuk bisa terlibat dan berperan dalam masyarakat. Mendikbud juga sudah memberi arahan untuk Merdeka Belajar."

"Mahasiswa bisa mendapatkan banyak pengalaman dalam berinteraksi dengan memberikan edukasi kesehatan dan vaksinasi kepada masyarakat. Itu semua juga akan mendapat nilai dan pengakuan dari Poltekkes," paparnya.

Baca Juga: Hewan Kesayangan Keracunan Makanan, Begini Tindakan Pertolongannya

Halaman:

Editor: Andika Primasiwi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Gita Amperiawan Jadi Dirut DI yang Gres

Jumat, 28 Januari 2022 | 00:13 WIB
X