Karena Pandemi Covid-19, PP Muhammadiyah Usulkan Penyembelihan Hewan Kurban di RPH

- Rabu, 24 Juni 2020 | 15:55 WIB
Karena Pandemi Covid-19, PP Muhammadiyah Usulkan Penyembelihan Hewan Kurban di RPH. (istimewa)
Karena Pandemi Covid-19, PP Muhammadiyah Usulkan Penyembelihan Hewan Kurban di RPH. (istimewa)

JAKARTA, suaramerdeka.com - Karena pandemi covid-19, Pengurus Pusat (PP) Muhammadiyah usulkan penyembelihan hewan kurban di rumah pemotongan hewan (RPH). Selain itu jumlah hewan yang disembelih di luar RPH hendaknya dibatasi guna menghindari kemubaziran.

Usulan lain dari PP Muhammadiyah adalah distribusi hewan kurban merata, disembelih oleh tenaga profesional, mengurangi kerumunan massa, dan pemenuhan protokol kesehatan yang ketat sehingga dapat menjamin keamanan dan keselamatan bersama.

"Pembagian daging kurban diantar oleh panitia ke rumah masing-masing  penerima dengan tetap mematuhi protokol kesehatan," kata Ketua Umum PP Muhammadiyah, Haedar Nashir, Rabu (24/6).

PP Muhammadiyah juga mengimbau kepada masyarakat Indonesia khususnya umat Islam yang mampu secara ekonomi maka dipersilakan untuk berkurban membantu para warga kaun duafa dan fakir miskin.

"Membantu dhuafa maupun berkurban keduanya mendapatkan pahala di sisi Allah SWT. Namun berdasarkan beberapa dalil, memberi sesuatu yang lebih besar  manfaatnya untuk kemaslahatan adalah yang lebih diutamakan," ujar Haedar Nashir.

 

Editor: Nugroho

Tags

Terkini

X