Ratusan Orang Berdonor Darah di UDD PMI Semarang

Achmad Rifki
- Senin, 15 Juni 2020 | 01:08 WIB
Seorang petugas mengambil darah saat peringatan Hari Donor Darah Se Dunia di Unit Donor Darah (UDD) PMI Kota Semarang, Jalan Mgr Sugiyopranoto No 31 Semarang, Minggu (14/6). (suaramerdeka.com/ Siswo Ariwibowo)
Seorang petugas mengambil darah saat peringatan Hari Donor Darah Se Dunia di Unit Donor Darah (UDD) PMI Kota Semarang, Jalan Mgr Sugiyopranoto No 31 Semarang, Minggu (14/6). (suaramerdeka.com/ Siswo Ariwibowo)

SEMARANG, suaramerdeka.com- Sekitar 600 orang memadati Unit Donor Darah (UDD) PMI Kota Semarang dalam dua hari terakhir ini. Kedatangan mereka ini untuk mendonorkan darah sekaligus memeriahkan Hari Donor Darah Internasional yang diperingati setiap 14 Juni.

Kasubag Humas dan Pencari dan Pelestari (P2) donor darah sukarela UDD PMI Kota Semarang, Wahyudanti Novindra Putri mengatakan, kegiatan tersebut, selain memperingati Hari Donor Darah Se Dunia juga untuk penggalangan darah.

"Ini dalam rangka memperingati Hari Donor Darah Se Dunia. Kegiatannya dimulai sejak kemarin, 13 sampai 14 Juni di UDD PMI Kota Semarang. Kami juga menerapkan protokoler kesehatan dengan baik," kata Vindra, sapaan akrabnya di UDD PMI Kota Semarang, Jalan Mgr Sugiyopranoto No 31 Semarang, Minggu (14/6).

Vindra mengatakan, di hari biasa masyarakat yang mendonorkan darahnya mendapatkan snak (makanan ringan), namun kali ini, selain mendapatkan makanan ringan, pendonor darah juga mendapatkan mendapatkan souvenir serta menu donor.

"Jadi biasanya, kalau setiap pendonor yang berhasil mendonorkan darahnya akan mendapatkan makanan ringan, dua hari ini akan mendapatkan tambahan menu donor beserta souvenir," ujarnya.

Dijelaskannya, di hari pertama peringatan Hari Donor Darah Se Dunia, ada sekitar 450 orang yang mendaftarkan diri untuk berdonor darah, tapi yang berhasil hanya 293 orang. Dia pun optimis, di hari kedua, peserta lebih dari 200 an orang.

"Perkiraan dalam dua hari ini bisa menggalang pendonor mulai 500 orang sampai 600 orang lebih," terangnya.

Dijabarkannya syarat untuk dapat berdonor darah di antaranya, harus sehat. Menurutnya, sehat menjadi syarat utama, termasuk tidak sedang batuk, pilek maupun demam.

"Karena kita mau membantu orang yang sedang sakit. Bagaimana mau membantu orang yang sakit kalau kita sendiri sakit," terangnya.

Halaman:

Editor: Achmad Rifki

Terkini

X