Semua Atlet, Pelatih dan Ofisial PON XX Papua Dilindungi BPJamsostek

- Jumat, 8 Oktober 2021 | 16:22 WIB
Semua Atlet, Pelatih dan Ofisial PON XX Papua Dilindungi BPJamsostek/Foto Istimewa
Semua Atlet, Pelatih dan Ofisial PON XX Papua Dilindungi BPJamsostek/Foto Istimewa

JAKARTA, suaramerdeka.com - Sebanyak 7.202 atlet dan 3.651 Ofisial serta 2.509 Official Kontingen dari 34 Provinsi telah terdaftar sebagai peserta aktif BPJS Ketenagakerjaan (BPJamsostek).

Secara otomatis seluruh peserta kontingen mendapatkan perlindungan atas dua risiko kerja yaitu Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) dan Jaminan Kematian (JKM) selama perhelatan PON XX Papua berlangsung atau setara 2 bulan perlindungan.

Direktur Pelayanan BPJamsostek, Roswita Nilakurnia mengatakan, pihaknya akan secara proaktif menjalin koordinasi dengan PB PON XX Papua untuk mempermudah pelayanan jika terjadi insiden.

Baca Juga: Selama Pandemi, Pasar Modal di Jawa Tengah Naik Signifikan, Capai 275 Ribu Investor

''Saya yakin tidak ada satu pun dari kita yang menginginkan terjadinya insiden, namun tindakan preventif mutlak diperlukan untuk mengantisipasi kejadian yang tidak diinginkan,'' tutur Roswita dalam keterangannya yang diterima, Jumat 8 Oktober 2021.

Pihaknya menambahkan, terkait insiden atlet gantole Khaidir Anas, kontingen Sumatera Barat yang mengalami insiden saat hendak lepas landas dan mendarat darurat di atap rumah warga di Kabupaten Jayapura.

Dikonfirmasi melalui Sekretaris Umum Panitia Besar PON XX, Elia Loupatty, bahwa seluruh atlet telah mendapatkan perlindungan program Jaminan Sosial Ketenagakerjaan (Jamsostek).

Baca Juga: Soal Prokes PON Papua, Atlet Nurul Akmal: Aman dan Oke

''Tindakan preventif yang dimaksud salah satunya adalah dengan memastikan perlindungan Jamsostek sebagai jaminan perlindungan atas kondisi sosial ekonomi yang mungkin dialami oleh setiap pekerja. Atlet juga merupakan salah satu kategori pekerja yang memiliki risiko kerja cukup tinggi, terlebih untuk olah raga ekstrim seperti gantole,'' ungkapnya.

Halaman:

Editor: Edyna Ratna Nurmaya

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Liga Italia Pekan 23: Waktunya AC Milan Vs Juventus

Sabtu, 22 Januari 2022 | 06:26 WIB
X