Anggota Komcad Sajikan Atraksi Tenaga Dalam dan Makan Beling

- Jumat, 8 Oktober 2021 | 01:07 WIB
Agung Cahyo Yuwono Anggota Komcad memakan bohlam neon dan menarik jeep di hadapan tamu undangan (sm/dok)
Agung Cahyo Yuwono Anggota Komcad memakan bohlam neon dan menarik jeep di hadapan tamu undangan (sm/dok)

BANDUNG, suaramerdeka.com - Presiden Jokowi menegaskan bahwa kehadiran komponen cadangan merupakan bagian dari rangkaian perkuatan sistem pertahanan semesta.

Kendati kehadirannya untuk mendukung komponen utama yakni TNI, Komcad tak bisa dikerahkan setiap saat.

Penegasan tersebut disampaikan Jokowi pada upacara "Penetapan Komponen Cadangan 2021" di Pusdiklatpassus, Batujajar, Kabupaten Bandung Barat, Kamis (7/10).

"Komcad dikerahkan bila negara dalam keadaan darurat militer dan keadan perang. Dimobilisasi oleh presiden dengan persetujuan DPR sedangkan komando dan kendali ada di Panglima TNI," jelasnya.

Dengan ketentuan tersebut, kata Presiden, masa aktif Komcad tak setiap saat dan tak setiap hari.

Selepas penetapan tersebut, jelasnya, anggotanya pun kembali beraktivitas seperti biasa, seperti menjalankan profesinya sehari-hari.

Baca Juga: Janda dan Lansia Diminta Dukung Vaksinasi

Meski demikian, mereka tetap mesti menjaga kesiapsiagaan karena tak menutup kemungkinan, situasi yang tak terduga membutuhkan kehadirannya. Kemampuan mereka pun harus terjaga guna bisa mengemban tugas sebagai Komcad.

"Anggota Komcad tetap berprofesi seperti biasa karena masa aktifnya pada saat mengikuti pelatihan dan mobilisasi, tetapi anggota Komcad harus selalu siaga jika dipanggil Negara," tandas mantan Walikota Solo itu.

Karenanya, imbuh Jokowi, anggota Komcad tak diperkenankan bergerak tanpa arahan. Kehadiran mereka tak bisa digunakan untuk kepentingan lainnya.

Halaman:

Editor: Ahmad Rifki

Tags

Terkini

X