Antisipasi Klaster Sekolah, Yoyok Sukawi: Semua Pihak harus Tegas Jalankan Prokes

- Kamis, 7 Oktober 2021 | 20:01 WIB
Anggota Komisi X DPR RI, Yoyok Sukawi (suaramerdeka.com/dok)
Anggota Komisi X DPR RI, Yoyok Sukawi (suaramerdeka.com/dok)

JAKARTA, suaramerdeka.com - Kegiatan belajar mengajar tatap muka di beberapa daerah di Indonesia sudah dimulai dalam satu bulan terakhir.

Pembelajaran tatap muka (PTM) di tengah pandemi Covid-19 memang cukup mengkhawatirkan bagi orang tua, terutama soal kekhawatiran muncul klaster di sekolah.

Menanggapi hal itu, anggota Komisi X DPR RI, Yoyok Sukawi yang di parlemen bermitra dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan mengatakan bayang-bayang klaster sekolah harus ada sikap tegas dari pihak terkait seperti Kementerian Pendidikn dan Kebudayaan, dinas pendidikan di daerah serta guru dan orang tua murid.

“Sekolah tatap muka memang belum sepenuhnya aman. Itu sudah kami ingatkan. Namun di lain sisi dan kami memahami bahwa beberapa orang tua dan adik-adik siswa-siswi sekolah ingin PTM segera berlangsung. Dengan kondisi seperti itu, semua pihak harus kooperatif dan mau kerja sama,” tutur Yoyok Sukawi di Jakarta, Kamis 7 Oktober 2021 siang.

Baca Juga: 29 Atlet dan ofisial Terpapar Covid-19 di PON XX, BNPB: Sudah Kita Isolasi

Oleh karena itu, Yoyok Sukawi meminta pihak sekolah dan orang tua juga tegas dalam mengawasi kegiatan PTM dari segi protokol kesehatan.

“Semua harus tegas. Sekolah juga harus tegas apabila ada murid sekolah yang kurang kooperatif dalam menjalankan prokes. Begitu pun orang tua, bapak ibu orang tua murid juga harus tegas melaporkan apabila ada pihak sekolah yang abai akan prokes. Jadi semua pihak harus kerja sama demi PTM yang aman dan nyaman,” tambahnya.

Lebih lanjut, Yoyok berharap tidak muncul klaster sekolah lagi seperti yang terjadi di SMA 1 Padang Panjang dan SMP 3 dan 4 Mrebet Purbalingga.

Baca Juga: Tak Perlu Berkerumun, Transaksi Jual Beli di Pasar Bulu Semarang Kini Bisa Daringklaster

Halaman:

Editor: Edyna Ratna Nurmaya

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X