PLN Diminta Proaktif Tangani Tagihan Listrik Melonjak

- Senin, 8 Juni 2020 | 06:12 WIB
Foto: suaramerdeka.com/Dok
Foto: suaramerdeka.com/Dok

JAKARTA, suaramerdeka.com - Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) meminta PLN proaktif dalam menangani pengaduan konsumen atas kasus tagihan listrik kembali melonjak pada Juni ini, bahkan lebih dari 200 persen.

Ketua YLKI Tulus Abadi di Jakarta meminta  manajemen PT PLN membuka seluas-luasnya keragaman dan kanal pengaduan konsumen yang mengalami tagihan melonjak (billing shock) tersebut.

"Pasalnya YLKI banyak menerima keluhan dari konsumen yang mengalami kesulitan saat  ingin melaporkan kasusnya via call center 123, atau akses lainnya. Ini menunjukkan kanal pengaduan yang ada belum optimal mewadahi keluhan/pengaduan konsumen."

 Untuk itu, Tulus meminta managemen PT PLN melakukan sosialisasi seluas-luasnya kepada konsumen/pelanggannya, terutama di area yang banyak mengalami masalah serupa, sebagaimana terjadi pada  edisi April-Mei.

Dengan sosialisasi itu masyarakat mengerti duduk persoalan dan penyebab tagihan listrik melonjak serta mengetahui bagaimana solusinya. Saat masyarakat tidak mengerti mengapa tagihan melonjak dan tidak tahu solusinya bagaimana.

Baca Juga: PLN Tawarkan Skema untuk Hindari Lonjakan Tagihan Listrik Pelanggan

"Sekaligus meminta konsumen yang mengalami (billing shock)untuk segera melaporkan ke call center PT PLN baik via 123 maupun kanal medsos yang dimiliki PT PLN," tandasnya.

YLKI meminta sebelum konsumen melaporkan sebaiknya melakukan recek terlebih dahulu terhadap kewajaran pemakaiannya, dengan melihat pemakaian jumlah kWh terakhir dengan jumlah kWh bulan sebelumnya.

Tulus mengakui selama masa pandemi Covid-19, masyarakat lebih banyak berdiam diri di rumah,  termasuk para pegawai bekerja dari rumah. Kondisi ini pada umumnya pemakaian energi listrik konsumen mengalami kenaikan.

Halaman:

Editor: Rosikhan

Tags

Terkini

Sempat Jadi Sultan, Warga Kampung Miliarder Kini Galau

Selasa, 25 Januari 2022 | 22:55 WIB

RK: Kita Tak Pernah Merencanakan Pembangunan Ibukota

Selasa, 25 Januari 2022 | 17:42 WIB
X