Lakukan Perjalanan ke Luar Negeri, Perhatikan 7 Hal Berikut

- Kamis, 7 Oktober 2021 | 08:00 WIB
Ilustrasi perjalanan luar negeri dengan protokol kesehatan. (covid19.go.id)
Ilustrasi perjalanan luar negeri dengan protokol kesehatan. (covid19.go.id)

JAKARTA, suaramerdeka.com - Perkembangan kasus Covid-19 Indonesia kian membaik seiring upaya pemerintah yang gencar melakukan vaksinasi untuk warga negaranya serta kebijakan Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) berlevel.

Dengan kondisi yang demikian, masyarakat sudah mulai melakukan perjalanan kembali, baik dalam negeri maupun luar negeri, sesuai prosedur dan protokol kesehatan yang ketat dan disiplin.

Mengutip laman resmi Unicef, unicef.org/indonesia, disebutkan bahwa siapapun yang merencanakan perjalanan ke luar negeri harus mengecek anjuran perjalanan dari negara tujuan.

Pasalnya, dalam kondisi pandemi setiap negara menerapkan kebijakan yang berbeda-beda bagi warga negara lain yang hendak masuk ke negaranya.

Baca Juga: Beberapa Manfaat Kacang Merah bagi Kesehatan, Makanan Kaya Nutrisi

Pengecekan meliputi apakah ada pembatasan masuk, persyaratan karantina ketika masuk, atau anjuran perjalanan lain yang relevan.

Hal ini perlu dan penting dilakukan untuk menghindari Anda dikarantina atau ditolak masuk sehingga kembali ke negara asal.

“Pastikan Anda mengecek data terbaru terkait Covid-19 di situs Asosiasi Pengangkutan Udara Internasional, yang memuat informasi seputar daftar negara dan langkah pencegahan,” demikian bunyi informasi di laman Unicef.

Baca Juga: Ekosistem Digital BAKTI Kominfo Lepaskan Batas Disabilitas

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan jika Anda melakukan perjalanan, di antaranya:

Halaman:

Editor: Andika Primasiwi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Kemenag Raih Anugerah Meritokrasi KASN 2021

Selasa, 7 Desember 2021 | 21:40 WIB

Safar: Program JKN KIS, Jaminan Kesehatan yang Mumpuni

Selasa, 7 Desember 2021 | 14:07 WIB
X