Cakupan Vaksinasi di Jawa-Bali Meningkat Signifikan, Jadi Syarat Penurunan Level PPKM

- Rabu, 6 Oktober 2021 | 10:00 WIB
Salah satu siswa SMPIT Nurul Islam menjalani proses vaksinasi. (suaramerdeka.com / dok)
Salah satu siswa SMPIT Nurul Islam menjalani proses vaksinasi. (suaramerdeka.com / dok)

JAKARTA, suaramerdeka.com - Kebijakan memasukkan indikator cakupan vaksinasi Covid-19 dalam evaluasi penurunan level Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di Jawa-Bali mampu meningkatkan laju vaksinasi di wilayah tersebut.

Sejak kebijakan itu diberlakukan 13 September lalu, laju vaksinasi khususnya bagi kelompok masyarakat lanjut usia atau lansia, terus meningkat.

Peningkatan laju vaksinasi itu disampaikan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan dalam keterangan pers usai Rapat Terbatas (Ratas) mengenai Evaluasi PPKM, Senin 4 Oktober 2021, secara virtual.

“Syarat minimum cakupan vaksinasi lansia untuk penurunan level PPKM dari 3 ke 2, dan 2 ke 1 yang diberlakukan sejak 13 September 2021, mampu meningkatkan kecepatan vaksinasi lansia di Jawa-Bali secara signifikan. Ini nanti yang sebenarnya, levelnya itu berubah sangat dipengaruhi sekarang oleh vaksinasi, khususnya untuk lansia,” ujar Luhut.

Baca Juga: Hingga 1 Oktober, Airlangga Sebut Realisasi PEN Perlinsos Capai Rp 117,3 Triliun

Penambahan syarat cakupan vaksinasi tersebut merupakan salah satu proses transisi untuk hidup bersama Covid-19.

Status PPKM daerah di Jawa-Bali dapat turun dari Level 3 ke Level 2 jika cakupan vaksinasi dosis pertama daerah tersebut mencapai 50 persen dan cakupan vaksinasi lansia 40 persen.

Untuk dapat turun dari Level 2 ke Level 1, cakupan vaksinasi dosis pertama harus mencapai 70 persen dan cakupan vaksinasi lansia 60 persen.

Pada penerapan PPKM Jawa-Bali periode 5-18 Oktober ini, kata Luhut, terdapat peningkatan jumlah kabupaten (kab)/kota yang mengalami kenaikan dari Level 2 ke Level 3 akibat tidak terpenuhinya syarat cakupan vaksinasi untuk penerapan Level 2.

Baca Juga: PTM di Cilacap Berlanjut, Hasil Evaluasi Dinas P dan K Aman 

Halaman:

Editor: Andika Primasiwi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Liga Italia Pekan 23: Waktunya AC Milan Vs Juventus

Sabtu, 22 Januari 2022 | 06:26 WIB
X