Tingkat Kesadaran Hukum Masyarakat Indonesia Masih Rendah

- Minggu, 3 Oktober 2021 | 22:13 WIB
Sejumlah advokat dan paralegal mengikuti pengukuhan yang diselenggarakan DPP LBH Rupadi periode 2021-2025 masa bakti ke-II di aula Cenderawasih, Badan Kesbangpol Provinsi Jateng. (suaramerdeka.com/dok)
Sejumlah advokat dan paralegal mengikuti pengukuhan yang diselenggarakan DPP LBH Rupadi periode 2021-2025 masa bakti ke-II di aula Cenderawasih, Badan Kesbangpol Provinsi Jateng. (suaramerdeka.com/dok)

SEMARANG, suaramerdeka.com - Sebanyak 17 advokat dan paralegal diberikan mandat untuk mendirikan dewan pimpinan daerah Lembaga Bantuan Hukum Rumah Pejuang Keadilan Indonesia atau LBH Rupadi di sejumlah daerah di Indonesia.

Mandat itu diberikan bersamaan dalam agenda pelantikan dan pengukuhan DPP LBH Rupadi sisa periode 2021-2025, masa bhakti ke-II di aula Cenderawasih, Badan Kesbangpol Provinsi Jateng.

Sejumlah daerah tersebut, yakni Kabupaten Bangkalan, Batang, Demak, Grobokan, Jakarta, Kabupaten Semarang, Kendal.

Kemudian, Kota Semarang, Kudus, Pati, Pemalang, Purworejo, Rembang, Sragen, Tegal, Wonosobo, dan Kabupaten Timur Tengah Utara.

Baca Juga: Fakta dari Special Performance ‘Butter’, Jimin BTS Ungkap Ia Mengalami Kesulitan

Pelaksana Tugas Kabid Ketahanan Bangsa Kesbangpol Jateng, Frigit Nurcipto Cahyani, mengatakan keberadaan LBH di tengah-tengah masyarakat sangat penting, mengingat prinsip persamaan di depan hukum.

Apalagi dengan sebagian besar anggota masyarakat masih hidup di bawah garis kemiskinan.

Selain itu, minimnya pengetahuan hukum masyarakat juga merupakan hambatan dalam menerapkan hukum dalam masyarakat.

"Terlebih lagi budaya hukum dan tingkat kesadaran hukum masyarakat Indonesia yang masih rendah. Salah satu bentuk cara memeroleh keadilan dengan mengakses bantuan hukum yang diberikan LBH," kata Frigit Nurcipto Cahyani, Sabtu 2 Oktober 2021.

Acara dihadiri sejumlah tokoh lembaga tersebut, di antaranya Joko Susanto, Eka Windhiarto, Hermansyah Bakri, Dr Bahrul Fawaid, William Suroto, Ong Budiono, Sunardi, dan Marsudi.

Halaman:

Editor: Ahmad Rifki

Tags

Terkini

Berhasil Kabur, Bandar Narkoba Tabrak Anggota Polisi

Senin, 22 November 2021 | 11:58 WIB

Sepanjang 2021, Polri Tangani 69 Kasus Mafia Tanah

Jumat, 19 November 2021 | 15:11 WIB
X