Diapresiasi, Progres Pembangunan Kereta Cepat Jakarta-Bandung Hampir 80 Persen

- Minggu, 3 Oktober 2021 | 16:52 WIB
Proyek kereta cepat Jakarta Bandung. (foto: pikiran rakyat)
Proyek kereta cepat Jakarta Bandung. (foto: pikiran rakyat)

BANDUNG, suaramerdeka.com - Pembangunan Kereta Cepat Jakarta-Bandung terus dikebut. Progres program tersebut sudah mencapai 78,98 persen dengan sejumlah tantangan yang diharapkan bisa segera diatasi sehingga target operasi bergulir mulus pada 2022.

Untuk itu, PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) yang merupakan perusahaan patungan antara konsorsium BUMN melalui PT Pilar Sinergi BUMN Indonesia (PSBI) dan konsorsium perusahaan perkeretaapian Tiongkok melalui Beijing Yawan HSR Co.Ltd terus melakukan percepatan.

Langkah mereka itu mendapat apresiasi Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi RI, Luhut Binsar Pandjaitan yang bersama Menhub Budi Karya Sumadi dan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Basuki Hadimuljono melakukan kunjungan di Casting Yard 2 di Mulyasejati, Kabupaten Karawang, akhir pekan lalu.

“Progres secara keseluruhan sangat baik dan saya apresiasi," kata Luhut sembari menegaskan proyek KCJB merupakan kompetensi anak negeri dalam menuntaskan proyek strategis nasional tersebut.

Baca Juga: PDIP Dorong Anak Muda Selamatkan Lingkungan Hidup

“Setelah rampung, proyek KCJB ini akan jadi bukti bahwa bangsa kita mampu menyelesaikan proyek ini dengan maksimal,” imbuhnya.

Dalam kunjungan tersebut, Presiden Direktur PT KCIC, Dwiyana Slamet Riyadi menyebut bahwa per akhir September lalu perkembangan pembangunan KCJB sudah mencapai 78,98 persen.

Dijelaskan pula kendala dan tantangan yang dihadapi dalam pelaksanaan proyek tersebut.

“Tantangan pada titik pekerjaan ini adalah perlunya sinkronisasi antara pekerjaan Balanced Cantilever, seiring dengan dilakukannya pekerjaan penurunan jalan THK dan secara kontinyu dilanjutkan dengan pemasangan segmental box girder,” terang Project Manager Wika HSR Iskandar Purba di area DK 43.

Baca Juga: Dampak Pandemi Masih Terasa, Masyarakat Miliki Daya Tahan Luar Biasa

Halaman:

Editor: Rosikhan Anwar

Tags

Terkini

X