Siapkan Buka Puasa, Relawan Covid-19 Buka Dapur Umum di Balaikota

Maya
- Kamis, 14 Mei 2020 | 13:32 WIB
GOTONG ROYONG : Para relawan gotong royong menyiapkan makanan siap saji. (suaramerdeka.com/Diaz Abidin)
GOTONG ROYONG : Para relawan gotong royong menyiapkan makanan siap saji. (suaramerdeka.com/Diaz Abidin)

SEMARANG, suaramerdeka.com - Sejumlah relawan Covid-19 dari pemuda pelopor berpartisipasi untuk menyiapkan makanan yang akan didistribusikan pada waktu buka puasa. Sebuah mobil dapur umum yang dimiliki BPBD Kota Semarang digunakan untuk menjalankan program tersebut. Dapur umum dibuka setiap hari Rabu, di kompleks halaman Balaikota Semarang.

Ketua Gugus Tugas Percepatan Penangan Covid-19 Kota Semarang, Hevearita Gunaryanti Rahayu mengatakan, dapur umum tersebut juga guna membantu suplai makanan siap saji untuk masyarakat yang terdampak covid-19. Khususnya bagi kurang yang mampu.

"Dibuka setiap Rabu agar tidak berbenturan dengan program Jumat Berkah yang sudah dijalankan Pemkot Semarang,” terangnya, Rabu (13/5).

Tidak ada anggaran khusus untuk menyediakan makanan di dapur umum gugus tugas ini. Semua bahan-bahan yang dimasak berasal dari sumbangan masyarakat melalui posko gugus tugas yang ada di Balaikota Semarang.

Sejauh ini, dapur umum telah dua kali dilaksanakan. Pada Rabu pekan pertama, sebanyak 600 nasi bungkus dan takjil dibagikan. Kemudian, pada Rabu pekan kedua, menyediakan 1.000 bungkus. Di mana mobil dapur umum milik BPBD sekaligus mendistribusikannya mbagikan ke sejumlah tempat yang bergiliran.

"Distribusinya, kepada mereka para pekerja yang masih belum pulang saat waktu buka puasa. Seperti pekerja informal, dan lainnya," kata dia.

Editor: Maya

Terkini

X