Cuti Lebaran Akan Diganti Akhir Juli atau Desember

Red
- Selasa, 5 Mei 2020 | 00:09 WIB
SM/dok : SAMPAIKAN OPSI CUTI:Kepala Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 RI, Doni Monardo, menyampaikan sejumlah arahan Presiden Jokowi dalam rapat terbatas yang berlangsung, kemarin.(34)
SM/dok : SAMPAIKAN OPSI CUTI:Kepala Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 RI, Doni Monardo, menyampaikan sejumlah arahan Presiden Jokowi dalam rapat terbatas yang berlangsung, kemarin.(34)

JAKARTA, suaramerdeka.com - Pemerintah tengah mengkaji opsi pengganti libur atau cuti Lebaran. Dua opsi di antaranya yakni antara momentum Idul Adha (akhir Juli 2020) atau akhir Desember. Opsi tersebut disampaikan oleh Kepala Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid- 19 RI, Doni Monardo, terkait dengan sejumlah arahan Presiden Jokowi dalam rapat terbatas yang berlangsung, kemarin. Inti rapat terbatas itu adalah evaluasi pelaksanaan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Doni Monardo awalnya menyampaikan ada perlambatan laju penularan virus korona karena PSBB, namun Presiden tidak ingin daerah-daerah menjadi kendor pengawasannya. Jokowi, seperti yang disampaikan Doni Monardo, juga mengevaluasi uji sampel korona. Lalu pemerintah juga mempertimbangkan dua opsi pengganti cuti Lebaran Idul Fitri.

Direvisi

"Bapak Presiden tadi telah memberikan arahan untuk melakukan kajian, ada dua opsi untuk mengganti cuti Lebaran," tuturnya. Sebelumnya diketahui, pada awalnya pada Agustus 2019, pemerintah menetapkan cuti bersama Lebaran jatuh pada bulan Mei. Kemudian, pada Maret 2020, ada penambahan hari libur cuti bersama Lebaran. Adapun hari libur cuti bersama tetap jatuh di bulan yang sama. Namun, menanggapi situasi wabah Covid-19 di Indonesia yang tak kunjung usai, pemerintah merevisi cuti bersama Lebaran. Cuti bersama Lebaran digeser ke bulan Desember. Kendati demikian, pemerintah sekarang kembali membuka opsi pergeseran hari libur atau cuti bersama Lebaran ke Idul Adha tahun ini.

Editor: Teguh Wirawan

Tags

Terkini

Darurat Bisnis Hotel

Minggu, 1 Agustus 2021 | 01:27 WIB

Komunikator

Minggu, 1 Agustus 2021 | 01:17 WIB

Plasma Konvalesen Bukan Satu-Satunya Solusi

Minggu, 1 Agustus 2021 | 01:07 WIB
X