Botika Hadirkan Chatbot Deteksi Covid-19

Red
- Selasa, 28 April 2020 | 20:25 WIB
CEO Botika Ditto Anindita. (suaramerdeka.com/dok)
CEO Botika Ditto Anindita. (suaramerdeka.com/dok)

JAKARTA, suaramerdeka.com – Botika, perusahaan yang bergerak di bidang kecerdasan buatan asal Indonesia hadirkan chatbot kesehatan untuk deteksi Covid19. Ide awal dari chatbot ini muncul dari masyarakat yang was-was tertular Covid19, tetapi takut datang ke rumah sakit.

Chatbot Covid19 ini bisa diakses melalui WhatsApp messenger dengan fitur utama screening corona. Cara kerjanya, bot akan memberi pertanyaan umum terkait gejala corona. Kemudian setelah menjawab, pengguna akan mendapatkan hasil screening tersebut dan diberi saran untuk hidup sehat serta isolasi mandiri.

Ada fitur yang menarik dari chatbot ini, yaitu pengguna dapat terhubung langsung dengan dokter melalui live chat atau one-on-one video call. Fitur ini memungkinkan para pengguna berkonsultasi langsung dengan dokter tanpa harus keluar rumah. Hal ini tentunya bisa membuat para pengguna jadi lebih tenang. Melalui chatbot tersebut, pengguna juga dapat mengetahui lokasi rumah sakit rujukan terdekat melalui sharing location via WhatsApp messenger.

Di kesempatan yang sama, CEO Botika Ditto Anindita menyatakan, pihaknya telah memberi bot pengetahuan sebanyak 102 jenis penyakit dan 80 pemerikasaan cek lab. “Kami telah meningkatkan kemampuan chatbot covid ini bukan hanya sebagai alat screening covid saja, tapi bisa digunakan untuk penyakit lainya," pungkasnya.

Teknologi chatbot dari Botika ini juga telah digunakan beberapa perusahaan dan instansi pemerintah diantaranya Dinas Kesehatan dan marketplace Pro Sehat.

Editor: Agus Toto Widyatmoko

Tags

Terkini

Pemerintah Terus Berupaya Turunkan Kasus Covid-19

Kamis, 21 Oktober 2021 | 22:31 WIB

PDIP: Desa Sebagai Orientasi Pengabdian

Kamis, 21 Oktober 2021 | 19:31 WIB

Yuk, Mengulik Makna Mengenai Hari Santri Nasional

Kamis, 21 Oktober 2021 | 15:08 WIB
X