Tunjangan Guru Madrasah Non-PNS Tetap Dibayar

- Senin, 20 April 2020 | 05:17 WIB
Foto: Istimewa
Foto: Istimewa

JAKARTA, suaramerdeka.com – Plt Dirjen Pendidikan Islam Kementerian Agama Kamaruddin Amin memastikan pemberlakukan Teaching From Home (TFH) atau belajar dari rumah pada lembaga pendidikan agama, tidak mengganggu pembayaran tunjangan bagi guru madrasah, utamanya guru Non-PNS.

Kamaruddin menegaskan Kementerian Agama tetap akan membayar tunjangan guru madrasah non-PNS, kendati pemberlakukan belajar dari rumah di lingkungan madrasah diterapkan sejak pertengahan Maret 2020, menyusul wabah Covid-19.

"Selama masih berlangsung masa darurat Covid-19, pembayaran tunjangan profesi dan tunjangan lainnya bagi guru madrasah Non-PNS tetap dibayarkan," kata Kamaruddin Amin di Jakarta, Minggu (19/4).

Menurut Kamaruddin, ada tiga kategori tunjangan guru bukan PNS. Pertama, guru Non- PNS yang sudah sertifikasi dan sudah inpassing. Mereka mendapat hak tunjangannya sebagaimana guru PNS.

Kedua, guru Non-PNS yang belum sertifikasi, tapi sudah inpassing. Mereka mendapat tunjangan sebesar Rp1,5 juta per bulan di luar kelebihan jam mengajar.

Ketiga, guru yang belum sertifikasi dan belum inpassing. Mereka mendapat insentif Rp250 ribu per bulan, dan honor tenaga mengajar yang bersumber dari dana BOS.

Sementara Direktur Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Ditjen Pendidikan Islam Suyitno mengatakan tunjangan guru tetap dibayarkan sesuai ketentuan selama TFH. Pihaknya telah menerbitkan edaran terkait pelaksanaan TFH untuk Kanwil Kemenag Provinsi, Kankemenag Kab/Kota, dan Kepala Madrasah, 18 Maret lalu.

"Pelaksanaan TFH dapat disesuaikan dengan situasi dan kondisi sarana pendukung yang tersedia. Jika sarana digital terbatas, guru dapat menggunakan presensi secara manual yang disediakan madrasah," tuturnya.

Menyinggung dana BOS Madrasah, Kamaruddin Amin menjelaskan, sejak awal Kemenag telah mengizinkan penggunaan dana tersebut untuk digunakan membayar honor guru Non-PNS dan tidak mempersyaratkan NUPTK bagi guru Non-PNS untuk dapat menerima honor.

Halaman:

Editor: Rosikhan

Tags

Terkini

Heboh! Ledakan Bom Bunuh Diri di Polsek Astana Anyar

Kamis, 8 Desember 2022 | 16:55 WIB
X