Gubernur-MUI Gelar Istighotsah Covid-19 Jawa Tengah

- Rabu, 15 April 2020 | 09:12 WIB
BERBINCANG: Ketum MUI Jateng Dr KH Ahmad Darodji MSi berbincang dengan Gubernur Ganjar Pranowo, membahas rencana Istighotsah Covid-19.  (suaramerdeka.com / dok)
BERBINCANG: Ketum MUI Jateng Dr KH Ahmad Darodji MSi berbincang dengan Gubernur Ganjar Pranowo, membahas rencana Istighotsah Covid-19. (suaramerdeka.com / dok)

SEMARANG, suaramerdeka.com - Dalam upaya ikhitiar spritual menanggulangi wabah Covid-19, Majelis Ulama Indonesia (MUI) Jawa Tengah menggandeng Gubernur Ganjar Pranowo dan Baznas Jateng untuk menyelenggarakan isighotsah. Kegiatan direncanakan Kamis (16/4) pukul 19.30-20.30, berpusat di Gedung Gradhika Bhakti Praja, Jalan Pahlawan Semarang. Kegiatan diharapkan diikuti seluruh umat muslim di provinsi ini.

Menurut Ketua Umum MUI Jateng Dr KH Ahmad Darodji, MSi, kepada pers, Rabu (15/4/), istighotsah tidak mengundang langsung masyarakat untuk hadir di Gradhika. Namun masyarakat diharapkan mengikuti proses istighotsah dari rumah masing-masing. Acara akan disiarkan langsung oleh dua Lembaga Penyiaran Publik (LPP) yakni TVRI Jateng dan RRI.

“Lewat siaran langsung TVRI Jateng dan RRI ini diharapkan masyarakat dapat mengikuti jalannya istighotsah. Jadi yang hadir di Gradhika Bhakti Praja hanya para petugas istighotsah sebanyak delapan orang, sedangkan masyarakat diharapkan mengikuti lewat TVRI Jateng atau RRI Semarang yang di-relay juga oleh RRI Purwokerto dan Surakarta,” jelas Kiai Darodji.

Adapun yang hadir di Gradhika terdiri atas Ketua Umum MUI Jateng Dr KH Ahmad Darodji MSi dan akan menyampaikan pengantar istighotsah, dilanjutkan sambutan Gubernur Ganjar Pranowo. Kemudian pembacaan Surat Yasin dipimpin Dr KH Arja’ Imroni, bacaan istighfar oleh Rais Syuriah PWNU Jawa Tengah KH Ubaidillah Shodaqoh dan istighotsah dipimpin Ketua Takmir Masjid Agung Semarang KH Hanief Ismail.

Selanjutnya Ketua PW Muhammadiyah Jateng Dr KH Muhammad Tafsir akan memimpin doa dan diakhiri doa berbahasa Jawa yang akan dipimpin KH Said Al Masyhad, pemimpin Ponpes Raudlotul Sa’idiyah Kalialang, Gunungpati, Semarang. Serangkaian acara akan dipandu host Choirul Ulil Albab, presenter TVRI Jawa Tengah.

Ikhtiar lewat religi ini, kata Kiai Darodji, sangat penting setelah semua pihak melawan secara fisik. Mengingat korban wabah Covid-19 di Jateng eskalasinya terus naik tajam. Setidaknya hingga Rabu, 15 April 2020, pukul 07.30, jumlah pasien positif Covid-19 sebanyak 208. Dari jumlah tersebut yang masih dirawat sebanyak 140 orang, meninggal dunia 36 orang dan sembuh 32 orang. Jumlah Orang Dalam Pemantauan (ODP) sebanyak 23.193 orang dan Pasien Dalam Pengawasan (PDP) sebanyak 653 orang.

“Dari data tersebut memosisikan kita masih harus terus berjuang lebih maksimal menanggulangi wabah ini, terutama membangun kesadaran masyarakat untuk menaati social distancing dan physical distancing dengan ketat disertai pula istighotsah sebagai upaya ikhtiar religi,” tegasnya.

Editor: Andika

Tags

Terkini

Gita Amperiawan Jadi Dirut DI yang Gres

Jumat, 28 Januari 2022 | 00:13 WIB
X