Jabat Ketua MA, Syarifuddin Diminta Jalankan Reformasi Peradilan

- Selasa, 7 April 2020 | 16:43 WIB
Ketua MA periode 2020-2025 Syarifuddin (Foto inews)
Ketua MA periode 2020-2025 Syarifuddin (Foto inews)

JAKARTA, suaramerdeka.comMahkamah Agung (MA) kini dinahkodai Syarifuddin yang menjabat untuk masa periode 2020-2025, menggantikan Hatta Ali. Figur Syarifuddin memiliki tantangan membawa MA sebagai lembaga peradilan yang berintegritas.

Ketua Umum Dewan Pengurus Pusat Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Haris Pertama optimisme sosok Syarifuddin mampu membawa MA sebagai lembaga pengadilan tertinggi negara yang dipercaya publik.

"Kami segenap jajaran pengurus pusat mengucapkan selamat atas terpilihnya Syarifuddin sebagai Ketua MA yang baru. Semoga makin jadi lembaga yang dipercaya di mata publik, dan selamat bekerja," kata Haris Pertama di Jakarta, Selasa, 7 April 2020.

Haris menekankan MA punya peran penting menjalankan reformasi peradilan. Kata dia, penerapan hukum MA diharapkan melalui putusan kasasinya bisa memunculkan keadilan bagi seluruh elemen masyarakat. Dia pun menyinggung pentingnya faktor kapabilitas dan integritas hakim.

"Reformasi peradilan juga tetap dijalankan terutama persoalan integritas hakim dan kelembagaan supaya terciptanya keadilan," kata Haris.

Kemudian, ia menekankan MA harus bisa bersinergi dengan lembaga negara lainnya. Hal ini penting mengingat MA punya tantangan berat karena dunia peradilan ke depan yang semakin kompleks.

"Dibutuhkan sinergi dengan lembaga negara lainnya karena ke depannya dunia peradilan semakin kompleks," ujar Haris.

Dalam proses pemilihan Ketua MA, Syarifuddin terpilih dengan melalui pemungutan suara atau voting oleh para hakim agung yang punya hak suara. Voting penentuan terpilihnya figur pengganti Hatta Ali ini mesti dilakukan sampai 2 putaran.

Syarifuddin dalam putaran pertama mendapatkan 22 dari 44 suara sah. Pun, 2 suara tak sah serta Hatta Ali menyatakan abstain.  

Halaman:

Editor: Maya

Tags

Terkini

Pintu Nasdem Terbuka Lebar untuk Ridwan Kamil

Jumat, 3 Desember 2021 | 14:36 WIB
X