Ganjar Tawarkan Kerja Sama Kembangkan Desa Kembar Jateng-Papua

- Jumat, 1 Oktober 2021 | 16:52 WIB
ubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo berkunjung ke Kampung Yoka di Distrik Heram Kota Jayapura, Jumat, 1 Oktober 2021. (Foto Jatengprov.go.id)
ubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo berkunjung ke Kampung Yoka di Distrik Heram Kota Jayapura, Jumat, 1 Oktober 2021. (Foto Jatengprov.go.id)

 

PAPUA, suaramerdeka.com - Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo berkunjung ke Kampung Yoka di Distrik Heram Kota Jayapura, Jumat, 1 Oktober 2021.

Ganjar mengatakan, Papua memiliki banyak kisah menarik, dan banyak orang hebat dari daerah itu.

“Saya cukup lama tidak ke Papua, karena masih pandemi. Saya senang, hari ini bisa hadir dan bertemu dengan bapak ibu semuanya. Kampung ini sangat menarik, karena di sini adalah tempat bersejarah dari sisi pendidikan di Papua,” jelasnya seperti dikutip dari jatengprov.go.id.

Selain pendidikan, lanjut Ganjar, kampung Yoka juga memiliki banyak potensi lain yang bisa dikembangkan. Untuk itu, dia menawarkan kerja sama antara desa-desa di Jateng dengan Papua, khususnya Yoka. Ia menyebutnya dengan istilah desa kembar.

Baca Juga: Tarif BRT Dilematis, Warga Berpotensi Pilih Naik Sepeda Motor Pribadi

“Saya itu membina kades-kades di Indonesia. Nanti bisa kita buat desa kembar, antara Yoka dan desa-desa di Jateng. Jadi kita bisa saling belajar, bertukar pengalaman untuk memajukan daerah masing-masing,” katanya.

Di Papua ini, lanjut dia, banyak potensi hebat seperti kerajinan, ukiran, dan lainnya. Bahkan, ukiran dari Papua diakui masyarakat internasional, karena banyak di antara mereka yang kagum dengan kualitas ukiran dari Papua.

“Saya ketemu banyak orang luar negeri, dan mereka mengatakan Papua itu unik. Teknik ukirnya paling unik dan bagus, karena mengandung filosofi sejarah. Ini bisa dikembangkan,” jelasnya.

Halaman:

Editor: Edyna Ratna Nurmaya

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Viral! Edy Mulyadi Hina Kalimantan, Begini Sosoknya 

Senin, 24 Januari 2022 | 14:34 WIB
X