Tergiur Bisnis Vanila, Warga Banyumas Tertipu Ratusan Juta Rupiah

- Jumat, 1 Oktober 2021 | 12:57 WIB
Tersangka kasus penipuan dan penggelapan bisnis ekspor biji vanila digelandang ke Mapolsek Depok Barat, Jumat 1 Oktober 2021.(suaramerdeka.com / Amelia Hapsari)
Tersangka kasus penipuan dan penggelapan bisnis ekspor biji vanila digelandang ke Mapolsek Depok Barat, Jumat 1 Oktober 2021.(suaramerdeka.com / Amelia Hapsari)

YOGYAKARTA, suaramerdeka.com - Niat hati hendak meraih untung dari bisnis ekspor biji vanila, justru nasib apes yang dialami Robby Bagio Nugroho (46).

Warga Tanjung Purwokerto Selatan, Banyumas itu diduga ditipu rekan bisnisnya bernama Ferry Yanto Siregar (44) asal Medan Tuntungan, Sumatera Utara.

Kasus ini bahkan telah bergulir ke ranah hukum dan udah hampir dua pekan, tersangka Ferry meringkuk di ruang tahanan Mapolsek Depok Barat, Sleman untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya.

Dia ditangkap pada Senin 20 September 2021 lalu di salah satu apartemen yang berlokasi di Caturtunggal, yang menjadi alamat kantor perusahaan ekspor yang dikelola pelaku.

Baca Juga: Indro Warkop Bicara di Podcast Deddy Corbuzier: Pilih Diam Tanggapi Kasus Geng Warkopi

Kapolsek Depok Barat AKP Amin Ruwito dalam keterangannya kepada pers, Jumat  1 Oktober 2021 mengungkapkan, modus yang dilakukan pelaku adalah mengajak korban untuk menanamkan modal di perusahaan ekspor biji vanila yang dia kelola.

Tersangka menjanjikan bagi hasil dari keuntungan penjualan vanila yang harganya mencapai Rp 2 jutaan per kilogram.

"Pelaku mengaku bisa mengekspor barang ke Australia, Eropa, dan Amerika. Korban tertarik kemudian mentransfer sejumlah uang untuk modal," katanya.

Sesuai perjanjian, korban akan menanam dana sebesar Rp 500 juta. Untuk mengawali bisnis itu, keduanya sepakat membuat akta notaris pada 8 Juni 2021.

Baca Juga: Bagikan 16.110 Hand Sanitizer Berbahan Alami, Mahasiswa UPGRIS Catatkan Rekor MURI

Halaman:

Editor: Andika Primasiwi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Berhasil Kabur, Bandar Narkoba Tabrak Anggota Polisi

Senin, 22 November 2021 | 11:58 WIB

Sepanjang 2021, Polri Tangani 69 Kasus Mafia Tanah

Jumat, 19 November 2021 | 15:11 WIB
X