Lokasi Paralayang PON XX Papua dapat Pujian Ketua KONI

- Kamis, 30 September 2021 | 17:42 WIB
Salah satu atlet paralayang Jateng tengah berlatih akurasi mendarat di Desa Kemuning, Karanganyar. (suaramerdeka.com / dok)
Salah satu atlet paralayang Jateng tengah berlatih akurasi mendarat di Desa Kemuning, Karanganyar. (suaramerdeka.com / dok)

JAKARTA, suaramerdeka.com - Ketua umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat Letjen TNI (Purn.) Marciano Norman memuji lokasi paralayang PON XX Papua karena selain memenuhi kapasitas sebagai arena pertandingan para atlet, tempat itu juga dinilai berhasil menunjukkan pesona visual dari Jayapura yang memukau.

“Saya berada di bukit tempat take off-nya olahraga paralayang, tempat ini sangat-sangat strategis dari puncak ini, kita bisa melihat indahnya Jayapura,” kata Marciano Norman, Kamis 30 September 2021.

Lokasi pertandingan untuk olahraga paralayang terletak di Bukit Gracia, Kampung Buton, Kota Jayapura. Pemilihan lokasi itu telah melewati proses yang panjang.

Setelah lokasi pertama, yaitu Bukit Teletubbies yang urung digunakan karena terlalu dekat dengan area mendarat pesawat, lokasi kemudian berpindah ke McArtur yang juga gagal digunakan karena alasan serupa dan bahkan terlalu dekat dengan saluran listrik udara berkapasitas 75.000kva.

Baca Juga: OJK Gelar Pekan Vaksinasi Jawa Tengah Serentak di 4 Kota, Target 2,1 Juta Dosis Vaksin Per Hari

Sempat berpindah ke Bumi Perkemahan Waena, lokasi itu namun kembali gagal digunakan karena dinilai tidak memenuhi persyaratan untuk menghelat ajang kompetisi paralayang.

Akhirnya, pilihan terakhir jatuh pada Bukit Gracia yang dinilai memenuhi standar yang dibutuhkan.

“Tempat take off memiliki sudut kemiringan yang bagus, antara 18 sampai 23 derajat, kecenderungan angin head wind (melawan angin) sehingga baik untuk take off agar punya daya angkat, tidak ada halangan di depan, akses menuju lokasi take off sudah bagus,” jelas Technical Delegate Paralayang Djoko Bisowarno.

Baca Juga: KPOP Semakin Melokal, Jae Day6 Balas Cuitan Twitter Akun Auto Base Indonesia

Halaman:

Editor: Edyna Ratna Nurmaya

Sumber: Antara

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Liga Italia Pekan 23: Waktunya AC Milan Vs Juventus

Sabtu, 22 Januari 2022 | 06:26 WIB
X