Komisi Yudisial Tekankan Pentingnya Advokasi Hakim, Harus Diberi Independensi

- Kamis, 30 September 2021 | 11:55 WIB
Narasumber menyampaikan paparan pada diskusi publik antara KY bersama aparatur penegak hukum dan pemerintah daerah di Hotel Grandhika Semarang. (suaramerdeka.com / Eko Fataip)
Narasumber menyampaikan paparan pada diskusi publik antara KY bersama aparatur penegak hukum dan pemerintah daerah di Hotel Grandhika Semarang. (suaramerdeka.com / Eko Fataip)

SEMARANG, suaramerdeka.com - Komisi Yudisial (KY) dinilai punya peran penting dalam menjaga dan menegakkan kehormatan, keluhuran, dan perilaku hakim.

Ketua Bidang Sumber Daya Manusia, Advokasi, Hukum, Penelitian dan Pengembangan Komisi Yudisial, Binziad Kadafi menyatakan, hakim harus diberikan independensi.

Indepedensi tersebut harus diawasi dan memastikan hakim sesuai kode etik, meski di sisi lain, hakim juga harus dilindungi.

"Yang dilindungi adalah keadilan bagi masyarakat dan kebebasan hakim dalam menghasilkan keadilan. Artinya yang dilindungi adalah produk keadilan," kata Binziad pada diskusi publik antara Komisi Yudisial bersama aparatur penegak hukum dan pemerintah daerah di Hotel Grandhika Semarang, Kamis,30 September 2021.

Baca Juga: PON XX Papua: BNPB Kuatkan Protokol Kesehatan, Bagikan 5.000 Masker

KY juga diberikan kewenangan oleh konstitusi untuk menempuh langkah hukum terhadap pihak yang merendahkan kehormatan dan keluhuran martabat hakim.

Hal ini sebagaimana rumusan Pasal 20 ayat (1) huruf e UU Nomor 18 tahun 2011 tentang Perubahan Atas UU Nomor 22 Tahun 2004 tentang Komisi Yudisial.

"KY mengistilahkan tugas ini sebagai Advokasi Hakim. Sekaligus sebagai penyeimbang peran KY dalam konsep ketatanegaraan khususnya dalam dunia peradilan," ujarnya.

Dengan tugas Advokasi Hakim, KY diharapkan dapat melaksanakan tindakan yang menjunjung tinggi harkat dan keluhuran martabat hakim. Tujuannya untuk mewujudkan hakim yang bersih, jujur, dan profesional.

Baca Juga: Persediaan Banyak, Harga Minyak Kembali Menurun Secara 2 Hari Berturut-turut

Halaman:

Editor: Andika Primasiwi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Berhasil Kabur, Bandar Narkoba Tabrak Anggota Polisi

Senin, 22 November 2021 | 11:58 WIB

Sepanjang 2021, Polri Tangani 69 Kasus Mafia Tanah

Jumat, 19 November 2021 | 15:11 WIB
X