Megawati Bicara Pentingnya Baguna: Bekerja Tanpa Membeda-bedakan Pilihan Politik

- Rabu, 29 September 2021 | 07:15 WIB
Megawati saat membuka gelaran Pelatihan Dasar Manajemen Bencana dan Pengendalian Operasi Pencarian dan Pertolongan Bagi Pengurus Baguna DPD dan DPC PDIP seluruh Indonesia. (suaramerdeka.com / dok)
Megawati saat membuka gelaran Pelatihan Dasar Manajemen Bencana dan Pengendalian Operasi Pencarian dan Pertolongan Bagi Pengurus Baguna DPD dan DPC PDIP seluruh Indonesia. (suaramerdeka.com / dok)

JAKARTA, suaramerdeka.com - Ketua Umum DPP PDI Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri menyampaikan pentingnya keberadaan Badan Penanggulangan Bencana (Baguna) dan perlunya untuk selalu meningkatkan kemampuan anggotanya.

Megawati memberi contoh alasan kenapa Baguna selalu mendirikan dapur umum di setiap operasi penanganan bencana yang dilibati.

Diambilnya contoh bencana di Provinsi NTT, beberapa waktu lalu, yang membuat warga kebingungan dan hanya berlarian ketika bencana terjadi.

Baguna kemudian hadir dengan dapur umum untuk setidaknya menyiapkan logistik dan makanan untuk para warga korban bencana.

Baca Juga: Hasil Liga Champions Semalam: Liverpool-PSG Menang, Real Madrid-AC Milan Kalah

"Karena itu, memang di dalam instruksi partai, saya selalu meminta terutama pada Baguna, untuk selalu menyiapkan diri di dalam rangka membantu bencana," kata Megawati.

Hal itu disampaikannya saat membuka gelaran Pelatihan Dasar Manajemen Bencana dan Pengendalian Operasi Pencarian dan Pertolongan Bagi Pengurus Badan Penanggulangan Bencana (Baguna) DPD dan DPC PDIP di seluruh Indonesia.

Sekjen DPP PDIP Hasto Kristiyanto mengatakan Baguna memang dibangun berbasis semangat kemanusiaan dan kebangsaan yang kuat.

Baguna harus menjalankan dedication of life yang dibangun oleh Bung Karno, yakni mengabdi pada bangsa dan tanah air Indonesia dengan rasa cinta yang berkobar-kobar.

Baca Juga: Prakiraan Cuaca Semarang Hari Ini: Cerah Berawan Sepanjang Hari

Halaman:

Editor: Andika Primasiwi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Munas Alim Ulama, PPP Jajaki Dukungan Capres

Senin, 18 Oktober 2021 | 17:10 WIB

Saatnya, Kawasan Selatan Jabar Jadi Sasaran Menawan

Senin, 18 Oktober 2021 | 15:32 WIB
X