Pemberdayaan Anak Yatim Piatu Terdampak Pandemi Covid-19 jadi Perhatian

- Senin, 27 September 2021 | 16:59 WIB
Giat Jabar Punya Informasi (Japri) di Bandung, Senin 27 September 2021 (suaramerdeka.com/Setiady Dwi)
Giat Jabar Punya Informasi (Japri) di Bandung, Senin 27 September 2021 (suaramerdeka.com/Setiady Dwi)

BANDUNG, suaramerdeka.com - Pemprov Jabar mencanangkan program pemberdayaan dan perlindungan anak yatim, piatu, yatim piatu akibat pandemi Covid-19. Program ini di antaranya mencakup pemberian bantuan dana hingga memberikan pelatihan.

"Jadi bantuannya jangka pendek hingga jangka panjang seperti pendidikan, pelatihan, atau pemagangan sehingga anaknya tak jadi putus asa apalagi terpuruk," tandasnya pada giat Jabar Punya Informasi (Japri) di Bandung, Senin 27 September 2021.

Berdasarkan data, anak-anak yang menjadi yatim hingga yatim piatu di Jabar mencapai sekitar 7200-an. Dari jumlah tersebut baru 2.500 anak yang klir secara data dalam program pemberdayaan tersebut.

Baca Juga: WiFi Masuk RT/RW Beri Dampak Langsung di Masyarakat, Perlu Pengawasan Ketat

Pemprov berharap masyarakat ragam elemen bisa ikut terlibat dalam gerakan tersebut. Di antaranya dengan menjadi orang tua asuh bagi anak-anak yang terdampak pandemi itu.

"Kita sendiri ingin memastikan dengan program ini hak mereka terpenuhi, dan tumbuh kembangnya maksimal, dan kita berharap banyak orang terlibat mengingat banyak anak yang terdampak," imbuh Ketua Tim Penggerak PKK Jabar, Atalia Praratya.

Sedangkan Kadinsos Jabar, Dodo Suhendar menyatakan bahwa dalam program tersebut, sifat bantuan tidak pukul rata. Pihaknya akan melakukan assesment guna mendapatkan formulasi yang tepat bagi jenis bantuan yang diberikan.

"Jadi kita sesuaikan kebutuhannya karena bisa saja tergolong mampu ternyata kemudian butuh bantuan psikolog misalnya," tandasnya.

Baca Juga: Area Publik Dibuka, Supervisi Perlu Dilakukan oleh Pihak yang Miliki Kompetensi

Halaman:

Editor: Edyna Ratna Nurmaya

Tags

Artikel Terkait

Terkini

PPP dan Golkar Terbuka untuk Koalisi Pilpres 2024

Jumat, 15 Oktober 2021 | 20:06 WIB

Buntut Banteng vs Celeng, Mbogo Dipanggil DPP PDIP

Jumat, 15 Oktober 2021 | 17:39 WIB

STQHN XXVI: Kafilah Jateng Sudah Tiba di Maluku Utara

Jumat, 15 Oktober 2021 | 10:12 WIB
X