Kontrol Monitoring Disempurnakan, Informasi Realtime KA Siap Diakses

- Senin, 27 September 2021 | 14:27 WIB
Ilustrasi Kereta Api (KA) Bandara./suaramerdeka.com/Dok
Ilustrasi Kereta Api (KA) Bandara./suaramerdeka.com/Dok

ke BANDUNG, suaramerdeka.com - Train Control Monitoring System di lingkup KAI bakal disempurnakan. Dengan perubahan tersebut, sistem informasi yang dimiliki memungkinkan bisa seperti aplikasi flight radar.

Tinggal persoalannnya, apakah fasilitas tersebut yang berisi data dan informasi perjalanan, terbuka untuk diakses masih jadi pertanyaan.

Menyusul nota kesepahaman dengan PT Inti, operator plat merah itu bersiap melakukan implementasi Train Control Monitoring System (TCMS) pada rangkaian kereta dan gerbongnya.

Dalam keterangan resmi yang dirilis, kerja sama strategis ini akan memungkinkan PT KAI memiliki sebuah perangkat sistem yang terintegrasi dengan sejumlah spesifikasi.

Baca Juga: Persis Menang di Laga Perdana Liga 2 2021, Pelatih: Ini Awal yang Bagus

Di antaranya kemampuan auto configuration untuk meningkatkan fleksibilitas dan pergantian konfigurasi rangkaian kereta api pada saat terjadi lepas-pasang kereta.

Kemudian, solusi komunikasi data dengan menggunakan sistem wireless yang dapat memberikan informasi kereta yang sedang beroperasi secara online dan real time tentang posisi kereta, kondisi sarana, fasilitas di dalam kereta, hingga kondisi penumpang.

Tak hanya itu, kerjasama tersebut menawarkan pula solusi bagi penumpang kereta untuk mendapatkan layanan terkait sistem informasi, keamanan, dan multimedia.

Pernyataan ini memberikan peluang bagi masyarakat pengguna untuk menikmati layanan tersebut.

Baca Juga: Bareskrim Bongkar Pabrikan Obat Keras Ilegal di Bantul dan Sleman

Halaman:

Editor: Rosikhan Anwar

Tags

Artikel Terkait

Terkini

PPP dan Golkar Terbuka untuk Koalisi Pilpres 2024

Jumat, 15 Oktober 2021 | 20:06 WIB

Buntut Banteng vs Celeng, Mbogo Dipanggil DPP PDIP

Jumat, 15 Oktober 2021 | 17:39 WIB

STQHN XXVI: Kafilah Jateng Sudah Tiba di Maluku Utara

Jumat, 15 Oktober 2021 | 10:12 WIB
X