Pengawasan Pelaksanaan Kebijakan PPKM Harus Konsisten Mengedepankan Keselamatan Publik

- Minggu, 26 September 2021 | 19:42 WIB
Lestari Moerdijat/Foto:suaramerdeka.com /dokumentasi.
Lestari Moerdijat/Foto:suaramerdeka.com /dokumentasi.

JAKARTA, suaramerdeka.com - Pembukaan kembali sejumlah kegiatan publik harus direncanakan secara matang, dengan mengedepankan keamanan dan keselamatan masyarakat.

Berupaya memastikan diri dan lingkungan bebas dari Covid-19, harus menjadi bagian dari keseharian di masa pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) saat ini.

"Pengawasan terhadap berbagai kegiatan yang diizinkan kembali saat PPKM ini harus konsisten dan transparan, agar bisa berjalan sesuai dengan yang direncanakan," kata Wakil Ketua MPR RI, Lestari Moerdijat dalam keterangan tertulisnya, Minggu, 26 September 2021.

Baca Juga: Mahasiswa Baru Fakultas Pertanian Unisri Diajak Lebih Aktif dan Kreatif

Persiapan matang dalam berkegiatan itu harus dilakukan semua pihak, baik oleh para pemangku kepentingan atau para pelaksana suatu kegiatan publik dan masyarakat yang terlibat dalam sejumlah aktivitas di ruang publik.

Dalam kegiatan yang mulai diizinkan di lokasi-lokasi wisata misalnya, tambah Lestari, kebijakan ganjil genap diterapkan untuk mengendalikan jumlah wisatawan yang datang.

Para pemangku kepentingan, tegasnya, harus memastikan kebijakan tersebut benar-benar berjalan sesuai dengan yang direncanakan lewat pengawasan yang ketat.

Di sisi lain, ujar Lestari, masyarakat juga harus benar-benar mematuhi aturan tersebut dan konsisten menjalankan prokes.

Baca Juga: Peringati Hari Rabies Sedunia, PDHI Jateng I Gelar Vaksinasi Rabies Gratis

Kesiapan serupa, tambahnya, juga harus dilakukan dalam setiap kegiatan di ruang publik di masa pandemi ini, seperti pembukaan kembali aktivitas di mal dan pusat perbelanjaan, bioskop, rumah makan, warung, pembelajaran tatap muka dan sejumlah lokasi lainnya.

Halaman:

Editor: Ahmad Rifki

Tags

Terkini

Umrah Segera Dibuka, Simak Syaratnya Saat Pandemi

Sabtu, 16 Oktober 2021 | 07:15 WIB

PPP dan Golkar Terbuka untuk Koalisi Pilpres 2024

Jumat, 15 Oktober 2021 | 20:06 WIB

Buntut Banteng vs Celeng, Mbogo Dipanggil DPP PDIP

Jumat, 15 Oktober 2021 | 17:39 WIB

STQHN XXVI: Kafilah Jateng Sudah Tiba di Maluku Utara

Jumat, 15 Oktober 2021 | 10:12 WIB
X