PP Muhammadiyah Keluarkan Maklumat Terkait Korona

- Senin, 16 Maret 2020 | 13:24 WIB
Ketua PP Muhammadiyah, Prof Haedar Nashir. (suaramerdeka.com / Agung Priyo Wicaksono)
Ketua PP Muhammadiyah, Prof Haedar Nashir. (suaramerdeka.com / Agung Priyo Wicaksono)

YOGYAKARTA, suaramerdeka.com - Pimpinan Pusat Muhammadiyah mengeluarkabn maklumat mengenai antisipasi penyebaran virus korona. Langkah ini diambil setelah melihat penyebaran virus begitu cepat sehingga semua pihak perlu melakukan pencegahan secara sungguh-sungguh, masif dan terkoordinasi secara baik.

''Muhammadiyah mendorong Pemerintah melibatkan semua pihak untuk bekerja sama dan bersinergi disertai langkah sosialisasi dan kebijakan yang terbuka dan komprehensif,'' tandas Ketua PP Muhammadiyah, Prof Haedar Nashir.

Ia minta di lingkungan organisasi berbagai kegiatan seperti pengajian, seminar, pertemuan dan kegiatan sosial yang melibatkan banyak orang ditunda. Penggantinya, kegiatan dapat dilakukan dengan cara terbatas atau menggunakan bantuan teknologi informasi.

Begitu puka kegiatan ibadah seperti shalat berjamaan dan jumatan tetap dilaksanakan dengan syarat tertentu yakni bagi yang sakit lebih baik beribadah di rumah. Apabila dipandang darurat, shalat Jumat dapart diganti dengan shalat dhuhur di rumah dan pelaksanaan shalat berjamaah dapat dilakukan di rumah.

Ia mengatakan, kegiatan pendidikan di lingkungan Muhammadiyah dan Aisyiyah diselaraskan dengan kebijakan pemerintah pusat dan daerah yang dikoordinasikan Majelis Pendidikan Dasar dan Menengah serta Majelis Pendidikan Tinggi, Penelitian dan Pengembangan.

''Amal usaha kesehatan agar mempersiapkan penanganan virus korona sesuai dengan protokol Kementerian Kesehatan dalam koordinasi Majelis Pembina Kesehatan Umat yang bersinergi dengan lembaga internal,'' tambah Haedar.

Pimpinan Pusat Muhammadiyah telah membentuk Muhammadiyah Covid-19 Command Center (MCCC). Tugasnya, mengkoordinasikan pelaksanaan program dan aksi penanganan virus korona. Meskipuan ada satuan tugasnya, ia minta warga Muhammadiyah meningkatkan pola hidup sehat, menjaga kesehatan pribadi dan lingkungan. Ia juga berharap warga membatasu bepergian ke daerah yang berisiko di dalam maupun luar negeri.(Agung PW- )

Editor: Andika

Tags

Terkini

X