Ikuti Bimtek, Penyuluh Informasi Publik Didorong Makin Semangat

- Sabtu, 25 September 2021 | 11:00 WIB
Plt. Direktur Tata Kelola dan Kemitraan Komunikasi Publik Kominfo Bambang Gunawan. (suaramerdeka.com / dok)
Plt. Direktur Tata Kelola dan Kemitraan Komunikasi Publik Kominfo Bambang Gunawan. (suaramerdeka.com / dok)

JAKARTA, suaramerdeka.com – Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) kembali menyelenggarakan Bimbingan Teknis (Bimtek) bagi para Penyuluh Informasi Publik (PIP) Rekrutmen Tahun 2017-2019.

Tahun ini Bimtek diadakan di lima kota dan kabupaten yaitu Surabaya, Badung, Semarang, Yogyakarta, dan Bandung sebagai upaya peningkatan kompetensi bagi salah satu mitra strategis Kominfo dalam melakukan aktivitas komunikasi publik.

Plt. Direktur Tata Kelola dan Kemitraan Komunikasi Publik Kominfo Bambang Gunawan mengatakan bahwa tugas PIP tidaklah mudah.

Sebagai mitra strategis, PIP diharapkan dapat membantu menyampaikan isu-isu maupun program dan kebijakan pemerintah kepada masyarakat khususnya di wilayah Terdepan, Terluar, dan Tertinggal (3T).

Baca Juga: Ronald Koeman Kena Skorsing, Absen Dampingi Barcelona di 2 Laga Liga Spanyol

“Bertugas sebagai PIP tentu tidak mudah untuk dilaksanakan, apalagi di masa pandemi Covid-19. Tapi saya yakin Bapak/Ibu tetap semangat untuk terus secara masif melakukan penyuluhan,” ujarnya saat memberikan arahan pada acara Bimtek PIP di Semarang, Jawa Tengah, kemarin.

Berbekal wawasan dan pengetahuan informasi yang didapatkan saat bimtek, PIP dapat melakukan penyuluhan baik melalui tatap muka, daring, atau bahkan memanfaatkan media sosial sebagai alternatif untuk tetap eksis melakukan diseminasi informasi.

Menurut Bambang, secara khusus untuk PIP wilayah penugasan kab/kota di Jawa Tengah, mampu melakukan realisasi kegiatan mencapai 293 kali di mana kegiatan diseminasi informasi tatap muka sebanyak 205 kali dan melalui daring 88 kali, dengan jumlah masyarakat yang terpapar informasi sejumlah 5.132 orang.

Selain keaktifan PIP untuk melakukan diseminasi informasi melalui media sosial (instagram dan facebook) selama kurun waktu tersebut dapat mencapai 237 kali.

Baca Juga: Profesor Undip dan Ilmuwan Jepang Berkolaborasi, Kembangkan Sistem Radar Pantau Kondisi Laut Purba

Halaman:

Editor: Andika Primasiwi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Pemerintah Terus Berupaya Turunkan Kasus Covid-19

Kamis, 21 Oktober 2021 | 22:31 WIB

PDIP: Desa Sebagai Orientasi Pengabdian

Kamis, 21 Oktober 2021 | 19:31 WIB

Yuk, Mengulik Makna Mengenai Hari Santri Nasional

Kamis, 21 Oktober 2021 | 15:08 WIB
X