Cegah Bertambahnya Klaster Sekolah, PTM Harus Dievaluasi Secara Menyeluruh

- Jumat, 24 September 2021 | 11:12 WIB
Kegiatan PTM. (foto: jatengprov.go.id)
Kegiatan PTM. (foto: jatengprov.go.id)

JAKARTA, suaramerdeka.com - Persiapan pembelajaran tatap muka (PTM) seharusnya dipersiapkan secara matang, agar menekan potensi terjadinya klaster baru saat pelaksanaannya.

Wakil Ketua MPR RI, Lestari Moerdijat mengatakan evaluasi menyeluruh terkait ribuan klaster baru dalam PTM itu harus dilaksanakan agar segera diketahui secara pasti problem yang dihadapi sejumlah daerah dalam penyelenggaraan PTM di masa pandemi ini.

"Evaluasi secara menyeluruh harus segera dilakukan terhadap penyelenggaraan PTM yang menyebabkan klaster Covid-19. Faktor keamanan bagi peserta didik dan tenaga pengajar harus dikedepankan dalam PTM," kata Wakil Ketua MPR RI, Lestari Moerdijat dalam keterangan tertulisnya, Kamis, 23 September 2021.

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) mencatat per 20 September 2021 dari 46.500 sekolah penyelenggara PTM ada 2,8 persen atau 1.296 sekolah yang melaporkan klaster Covid-19.

Baca Juga: Tempat Wisata Membludak Usai Kasus Covid Melandai, Ketua Satgas IDI: Revenge Travel ini Harus Diwaspadai

Menurut Lestari pembelajaran tatap muka memang diharapkan mampu menekan ancaman learning loss terhadap para pelajar.

Namun bila kondisi sejumlah daerah belum siap menggelar PTM jangan dipaksakan, karena malah mengancam keselamatan peserta didik dan pengajar.

Lestari berharap, langkah menghentikan sementara PTM pascamunculnya klaster baru Covid-19 segera dilaksanakan dan diikuti dengan upaya testing dan tracing yang masif untuk mencegah penyebaran virus lebih luas.

Pihak penyelenggara pendidikan, ujar anggota Majelis Tinggi Partai NasDem itu, harus menyiapkan sistem yang bisa memastikan bahwa peserta didik dan tenaga pengajar benar-benar sehat dan tidak terpapar virus sebelum melaksanakan PTM.

Baca Juga: Kinerja APBN Membaik, Menkeu Sebut Pemulihan Ekonomi Juga Ikut Terdampak

Halaman:

Editor: Andika Primasiwi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Pemerintah Terus Berupaya Turunkan Kasus Covid-19

Kamis, 21 Oktober 2021 | 22:31 WIB

PDIP: Desa Sebagai Orientasi Pengabdian

Kamis, 21 Oktober 2021 | 19:31 WIB

Yuk, Mengulik Makna Mengenai Hari Santri Nasional

Kamis, 21 Oktober 2021 | 15:08 WIB
X