Membudidayakan Klanceng agar Sejahtera

Red
- Jumat, 24 September 2021 | 01:00 WIB
SM/Hafidz Kurnia - RUMAH KLANCENG: Rumah tawon klanceng ditumpuk saat acara pelatihan budidaya klanceng di aula kantor Kelurahan Cangkrep Kidul, Kecamatan Purworejo.(24)
SM/Hafidz Kurnia - RUMAH KLANCENG: Rumah tawon klanceng ditumpuk saat acara pelatihan budidaya klanceng di aula kantor Kelurahan Cangkrep Kidul, Kecamatan Purworejo.(24)

Geliat Warga Cangkrep Kidul, Purworejo

Budi daya tawon klanceng mulai digandrungi karena memiliki prospek bagus, dari segi ekonomi maupun lingkungan. Hal inilah yang membuat warga Kelurahan Cangkrep Kidul, Kecamatan/Kabupaten Purworejo bersemangat untuk belajar dan membudidayakannya.

WAJAH-wajah warga yang berkumpul dan menjadi peserta pelatihan budi daya klanceng, terlihat sangat antusias dalam memperhatikan kata demi kata yang disampaikan oleh narasumber.

Di belakang mereka, terlihat puluhan rumah tawon klanceng yang nantinya akan dijadikan sebagai bahan praktik dan dibawa pulang peserta untuk dibudidayakan di rumah masing-masing.

Ya, saat ini pelatihan-pelatihan budi daya tawon klanceng mulai digalakkan di sejumlah desa dan kelurahan, termasuk di Kelurahan Cangkrep Kidul, Kecamatan/Kabupaten Purworejo .

Dalam pelatihan itu, dipaparkan berbagai tips dan trik agar budidaya bisa berhasil dan menguntungkan  Salah satu tips dan trik tersebut, yakni pembudi daya tawon klanceng harus banyak memperhatikan serangan- serangan predator yang ada di sekeliling tempat budi daya. Hal ini dimaksudkan agar hasil madu tawon bisa optimal.

Banyak Predator

Ada beberapa predator yang kerap mengganggu, salah satunya semut. Ungkapan jika madu asli tidak disukai semut adalah tidak benar. ''Satu pengalaman sendiri, saat saya hendak memindahkan koloni klanceng dan sempat saya taruh begitu saja,ternyata tidak lama saat saya tinggal sudah diserbu kawanan semut,'' kata penggiat tawon klanceng dari Desa Tunggulrejo, Kecamatan Grabag, Purworejo, Budi Sulaiman yang juga menjadi narasumber dalam pelatihan, Kamis (23/9).

Budi dipercaya untuk memberikan pelatihan budi daya klanceng yang diadakan Pemerintah Kelurahan Cangkrep Kidul. Pelatihan diikuti 25 peserta dari 15 rukun tetangga di kelurahan tersebut.

Halaman:

Editor: Imron Rosadi

Tags

Terkini

Pemerintah Terus Berupaya Turunkan Kasus Covid-19

Kamis, 21 Oktober 2021 | 22:31 WIB

PDIP: Desa Sebagai Orientasi Pengabdian

Kamis, 21 Oktober 2021 | 19:31 WIB

Yuk, Mengulik Makna Mengenai Hari Santri Nasional

Kamis, 21 Oktober 2021 | 15:08 WIB
X