Antisipasi Perubahan Iklim, Presiden: Rehabilitasi Mangrove Harus Dilakukan

- Jumat, 24 September 2021 | 06:15 WIB
Presiden Joko Widodo, menanam mangrove bersama warga Desa Tritih Lor, Kecamatan Jeruklegi, Kabupaten Cilacap, Kamis 23 September 2021. (suaramerdeka.com / dok)
Presiden Joko Widodo, menanam mangrove bersama warga Desa Tritih Lor, Kecamatan Jeruklegi, Kabupaten Cilacap, Kamis 23 September 2021. (suaramerdeka.com / dok)

CILACAP, suaramerdeka.com - Presiden Joko Widodo menanam mangrove bersama warga Desa Tritih Lor, Kecamatan Jeruklegi, Cilacap, Kamis 23 September 2021.

Menurut Presiden Joko Widodo, rehabilitasi mangrove harus dilakukan untuk mengantisipasi perubahan iklim.

"Memang rehabilitasi mangrove harus kita lakukan untuk memulihkan, untuk melestarikan kawasan hutan mangrove ini, dan juga untuk mengantisipasi perubahan iklim yang sedang terjadi sekarang ini di dunia, untuk memitigasi perubahan iklim yang ada," ucap Jokowi.

Selain itu, dalam keterangan tertulis Jokowi mengatakan mangrove penting untuk mengurangi energi gelombang, melindungi pantai dari abrasi, menghambat intrusi air, memperbaiki lingkungan pesisir, hingga memperbaiki habitat di daerah pantai.

Baca Juga: Penting, Membangun dan Berdayakan Pendidikan Vokasi bagi Masyarakat Desa

Presiden Joko Widodo berharap hal tersebut akan berdampak pada peningkatan produksi ikan dan produksi hasil laut lainnya, terutama kepiting.

"Kami dapat kepiting dua, sehingga nantinya kita harapkan dapat meningkatkan pendapatan masyarakat di pesisir pantai ini," lanjutnya.

Menurut Presiden Joko Widodo, rehabilitasi mangrove akan terus dilakukan, baik oleh Badan Restorasi Gambut dan Mangrove maupun oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

Presiden Joko Widodo menargetkan 2021 rehabilitasi mangrove bisa dilakukan pada 34 ribu hektare luasan di seluruh wilayah Indonesia.

Baca Juga: Dukung Percepatan Ekonomi, PLN UP3 Demak Siap Jamin Ketersediaan Listrik Industri

Halaman:

Editor: Andika Primasiwi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Pemerintah Terus Berupaya Turunkan Kasus Covid-19

Kamis, 21 Oktober 2021 | 22:31 WIB

PDIP: Desa Sebagai Orientasi Pengabdian

Kamis, 21 Oktober 2021 | 19:31 WIB

Yuk, Mengulik Makna Mengenai Hari Santri Nasional

Kamis, 21 Oktober 2021 | 15:08 WIB
X